Ekspor Pertanian Naik Sejalan dengan Kesejahteraan Petani

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Peningkatan ekspor pertanian pada Januari 2022 sejalan dengan kesejahteraan petani yang juga meningkat dilihat dari Nilai Tukar Petani (NTP) yang terus naik. Hal itu dikatakan oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri.

“Karena itu ekspor kita naik dan produksi kita meningkat. Bukan hanya itu saja, NTP kita sebagai barometer kesejahteraan petani juga turut meningkat. Ini merupakan kinerja kita bersama dalam membangun pertanian maju, mandiri dan modern,” kata Kuntoro di Jakarta.

Dia mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan sektor penunjang utama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dunia. Karena itu, lanjut dia, tidak heran kalau banyak komoditas Indonesia memiliki banyak peminat dari masyarakat dunia.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis ekspor pertanian Indonesia mengalami kenaikan cukup tinggi, yakni sebesar 0,38 miliar dollar AS atau 11,54 persen yang dihitung berdasarkan data tahunan Years On Years (YoY).

Dengan angka sebesar itu, maka kontribusi ekspor pertanian Indonesia mencapai 1,97 persen dari total ekspor nonmigasnya yang mencapai 95,30 persen. “Sektor pertanian kita meningkat 11,54 persen (YoY),” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto.

Di sisi lain, kata Setianto, neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2022 juga mengalami surplus sebesar 930 juta dollar AS. Nilai ekspor Indonesia pada Januari 2022 ini mencapai 19,16 miliar dollar AS atau naik bila dibandingkan dengan ekspor di bulan Januari 2021 yang hanya sebesar 15,29 miliar dollar AS.

“Walaupun secara (MtM) total ekspor kita secara keseluruhan mengalami penurunan karena faktor musiman, di mana setiap Januari selalu lebih rendah dari Desember,” katanya.

Sementara itu, upah nominal buruh tani pada Januari 2022 ini mengalami kenaikan sebesar 0,72 persen (MtM). Begitupun juga dengan upah buruh tani secara rill yang naik sebesar 0,28 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini