Ekspansi ke Kendaraan Listrik, Mercedes-Benz Bakal PHK 10 Ribu Karyawannya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sebanyak 10 ribu karyawan yang bekerja di perusahaan Mercedes-Benz bakal kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pemutusan itu akan dilakukan dalam tiga tahun kedepan oleh Induk perusahaan Mercedes-Benz, Daimler.

Strategi ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran demi investasi kendaraan listrik.

Daimler dalam pernyataan resmi, diberitakan Automotive News, akan memangkas tiga persen karyawan. Board member di divisi human resources Daimler, Wilfried Porth, mengatakan jumlah pengurangan karyawan bakal sekitar ‘lima digit rendah’ yang berarti paling tidak 10 ribu orang.

Saat ini Daimler memperjakan 304.680 orang di seluruh dunia. PHK besar seperti ini datang setelah CEO Daimler Ola Kallenius mengingatkan keuntungan perusahaan bakal tertekan selama dua tahun ke depan lantas mengecewakan investor.

“Industri otomotif saat ini di tengah transformasi terbesar dalam sejarah,” tulis Daimler dalam keterangan resmi.

Pernyataan Daimler soal PHK ini berkaitan dengan pengumuman pada 14 November yang mengungkap rencana PHK 1.100 karyawan Mercedes-Benz pada akhir 2022. Efisiensi ini disebut menghemat 1,1 miliar US dolar yang akan digunakan buat pengembangan kendaraan listrik dan otonomos.

Daimler bukan satu-satunya grup otomotif asal Jerman yang melakukan efisiensi untuk menghadapi masa depan. BMW diketahui bakal memangkas bonus pekerja untuk mengurangi pengeluaran, dikatakan cara ini yang dipilih ketimbang ‘pendekatan drastis’.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini