Ekonomi RI Selalu Tumbuh di Atas Ekonomi Global

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak pernah berada di bawah perekonomian global dalam 20 tahun terakhir ini. Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu.  

“Kita selalu tumbuhnya di atas ekonomi global, hal itu yang membuat posisi Indonesia menjadi semakin kuat dan semakin strategis, sehingga posisi Indonesia dalam global sangat diperhitungkan,” katanya.

Selain Indonesia, negara-negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi di atas perekonomian global, yaitu Cina dan India. Menurut dia, hanya ketiga negara tersebut di dunia yang bisa mengalami pertumbuhan ekonomi di atas perekonomian global.

Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Prancis, Brazil, dan Jepang bahkan selalu mengalami masalah dengan perekonomiannya selama ini, sehingga dalam waktu tertentu ekonomi negara-negara tersebut cenderung lebih sering di bawah pertumbuhan ekonomi global.

“Indonesia, Cina, dan India memang pemimpin. Inilah yang membawa pertumbuhan ekonomi global selalu tumbuh kurang lebih sebesar dua persen atau di atas dua persen per tahun,” ujarnya.

Ia menjelaskan Indonesia dalam 15-20 tahun terakhir memang selalu tumbuh di kisaran lima persen sebelum pandemi covid019 melanda.

Dengan demikian, hal tersebut semakin meningkatkan kepercayaan diri dan modal untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari pemimpin dunia, terutama dalam perhelatan Presidensi G20 di Tanah Air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini