Dukung Palestina, Emma Watson Dikecam Israel

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Cantik, muda, smart, dan berbakat, empat kata ini rasanya layak untuk mendeskripsikan sosok Emma Watson. Pemeran Hermione Granger dalam serial Harry Potter itu juga berhasil meraih sederet penghargaan dan didaulat sebagai duta PBB untuk kesetaraan gender.

Namun, lulusan Universitas Brown dengan gelar di bidang sastra Inggris itu kini tengah menghebohkan dunia. Bukan karena peran atau film terbarunya, melainkan karena aksinya dalam mendukung Palestina.

Dalam akun Instagram-nya, aktris berkebangsaan Inggris itu menyatakan solidaritas untuk Palestina. Postingan terbarunya itu pun mendapat dukungan luas dari para pengguna Instagram yang pro-Palestina, namun, juga menuai kritik keras dari pejabat Israel.

Watson berbagi foto yang bertuliskan “Solidaritas adalah kata kerja” dengan background orang-orang membentangkan bendera Palestina. Foto itu awalnya diposting oleh Bad Activism Collective pada Mei tahun lalu, setelah Israel melakukan serangan mematikan selama 11 hari di Jalur Gaza yang terkepung.

Saat itu, banyak selebriti dan tokoh-tokoh dunia yang menunjukkan aksi solidaritas mereka, tak terkecuali model papan atas Bella Hadid dan Susan Sarandon yang sama-sama memposting pesan untuk mendukung warga Palestina.

Melansir Al Jazeera, Watson juga menyelipkan kutipan dari aktivis Inggris-Australia, Sara Ahmed dalam caption di foto tentang Palestina yang diunggah di Instagram-nya.

“Solidaritas tidak menganggap bahwa perjuangan kita adalah perjuangan yang sama atau bahwa rasa sakit kita adalah rasa sakit yang sama atau bahwa harapan kita adalah untuk masa depan yang sama,” tulisnya.

“Solidaritas melibatkan komitmen, dan kerja, serta pengakuan bahwa bahkan jika kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup di landasan yang sama,” sambungnya.

Postingan tersebut, telah disukai oleh lebih dari 1 juta orang dengan lebih dari 89 ribu komentar – yang merupakan pro-Palestina. Banyak yang berterima kasih kepada Watson atas dukungannya, sementara beberapa menambahkan tagar #FreePalestine dan #PalestineWillBeFree ke komentar mereka.

Di sisi lain, Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, mengkritik postingan tersebut.  Sementara mantan Dubes Israel untuk PBB, Danny Danon menuduh Watson anti-Semit, yakni sikap permusuhan terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk tindakan penganiayaan atau penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras.

“Fiksi mungkin berhasil di Harry Potter, tetapi kenyataannya tidak. Jika itu terjadi, sihir yang digunakan di dunia sihir bisa menghilangkan kejahatan Hamas (yang menindas wanita dan mencari pemusnahan Israel) dan PA (yang mendukung teror). Saya akan mendukung itu! ” tulis Gilad Erdan dalam akun Twitter-nya.

Komentarnya mengikuti komentar mantan duta besar Israel untuk PBB, Danny Danon. “10 poin dari Gryffindor karena menjadi antisemit,” tweet Danon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini