Dukung Investasi Hijau, NTB Mulai Bangun Infrastruktur Energi Terbarukan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai membangun infrastruktur energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung investasi hijau.  

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (Wagub NTB), Sitti Rohmi Djalilah, mengatakan sedang menjalin Kerjasama dengan UPC Renewables, perusahaan multinasional di bidang Energi Terbarukan, untuk membahas perkembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Lombok Timur 115 MW, yang dilengkapi dengan baterai berskala besar pertama di Indonesia.

Audiensi ini dilakukan di tengah upaya proses membangun nota kesepahaman atau MoU investasi hijau antara Pemda NTB bersama UPC Renewables.

Proyek PLTB Lombok Timur 115 MW yang diusulkan bakal berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, ini berkaitan erat dengan Program NTB Hijau dari Pemda NTB, serta sejalan dengan Rencana Pembangunam Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB 2019-2023.

Lokasi PLTB yang berada di punggung tebing bergelombang lembut dan menghadap ke laut ini, juga memberikan pemandangan ikonik masa depan berkelanjutan sebagai daya tarik wisata yang luar biasa di Kabupaten Lombok Timur.

Pemanfaatan proyek PLTB yang dioperasikan UPC Renewables menjadi lokasi wisata seperti ini juga telah diimplementasikan di PLTB Sidrap 75 MW, Sulawesi Selatan, yang kincir angin pertama di Indonesia yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

 “Renewables Energi sangat baik untuk digunakan, kita pasti mengarah dan fokus kesana. Kita butuh energi listrik yang besar di masa yang akan datang, apalagi ada Mandalika sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional, ada MotoGP, WSBK dan event dunia lainnya,” katanya.

Dia juga menyarankan agar UPC Renewables terus berkoordinasi dan bersinergi dengan PLN, serta instansi terkait lainnya sehingga proyek dapat cepat terealisasi.

Sementara itu Head of Development UPC Indonesia, Niko Priyambada menyatakan siap melakukan MoU dengan Pemerintah NTB dalam  rangka merealisasikan pembangunan PLTB dan mendukung program Net Zero Emission Pemerintah Provinsi NTB.

Menurut Niko, selain menarik turis pada ekowisata, proyek ini bakal memberikan peluang Energi Bersih, Hijau, dan Terbarukan ke Jaringan Lombok. 

PLTB Lombok Timur 115 MW ini mampu memproduksi kurang lebih 30 persen dari kebutuhan listrik di jaringan kelistrikan Lombok yang sepenuhnya berasal dari sumber energi terbarukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini