Dua Bibit Siklon Ini Bikin Sebagian Indonesia Hujan Lebat Lima Hari Mendatang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam 24 jam hingga lima hari mendatang, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang maupun petir hingga lima hari mendatang.

Hal itu dipicu dua bibit siklon tropis yang tumbuh di Belahan Bumi Utara (BBU) Indonesia. Keduanya adalah Bibit Siklon Tropis 98W dan Bibit Siklon Tropis 99W.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Bibit Siklon Tropis 98W tumbuh di Samudra Pasifik Barat sebelah Timur Filipina. Kecepatan angin maksimum mencapai 30 knots (54 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1006 hPa.

Sedangkan, Satunya lagi adalah Bibit Siklon Tropis 99W yang tumbuh di Laut Cina Selatan tepatnya di 10.5 LU, 117.8 BT. Kecepatan angin maksimum mencapai 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1007 hPa.

Dalam 24 jam mendatang bibit siklon itu memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia berupa potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Selain itu akan terjadi gelombang laut dengan ketinggian 1.25 – 2.5 meter dapat terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan utara Kep. Natuna dan Perairan Kep. Subi – Serasan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini