Ditengah Isu Kudeta, Xi Jinping Bersiap Untuk Perpanjang Kekuasaannya di Kongres Partai ke-20

Baca Juga

MATA INDONESIA,BEIJING – Terlepas dari spekulasi luas tentang kudeta di Beijing, Presiden Cina Xi Jinping siap untuk terpilih kembali sebagai kepala Partai Komunis Cina. Kongres Partai Komunis Cina (PKC) ke-20 akan dimulai pada 16 Oktober.

Kongres ini diharapkan untuk menyetujui Xi sebagai pemimpin tertinggi negara Cina untuk ketiga kalinya. Ini merupakan sejarah baru bagi Cina.

Media Cina yang dikelola oleh pemerintah menolak desas-desus baru-baru ini tentang kudeta militer atau politik di Cina yang menurut mereka tampak berantakan.

Seminggu terakhir ini Cina telah bertindak keras terhadap gerakan yang bernama ‘klik politik’ melawan PKC. Fenomena ini bukanlah fenomena yang baru dan selalu terjadi sebelum konferensi partai besar.

Pekan lalu, mantan Wakil Menteri Keamanan Publik Sun Lijun,mantan Menteri Kehakiman Fu Zhenghua dan tiga mantan kepala polisi provinsi Shanghai, Chongqing dan Shanxi dipenjara seumur hidup.

Mereka dikecam karena sangat merusak kesatuan partai. Ini juga menjadi peringatan bagi pasukan anti-Xi untuk sejalan dan mendukung pemimpin saat ini.

meskipun ada sedikit keraguan apakah Xi akan siap untuk memenangkan lima tahun lagi sebagai pemimpin terpenting China. Ini menjadi ajangnya untuk memperpanjang jabatannya yang sudah mulai sejak akhir 2012.

Hingga saat ini masih ada ketidakpastian tentang seberapa besar pengaruhnya terhadap pembentukan struktur kekuasaan baru. Namun kongres ini juga akan mengakhiri spekulasi tentang bintang Cina yang sedang naik daun.

Secara luas Xi akan terbebaskan dari aturan informal yang biasanya mengharuskan pejabat senior yang berusia 68 tahun atau lebih untuk mundur. Aturan itu juga tidak akan berlaku untuk semua orang di lingkaran partai.

Ini berarti setidaknya dua dari tujuh anggota Komite Tetap Politbiro dan setengah dari 25 politbiro kemungkinan akan pensiun.

Tetapi struktur baru bisa lebih inovatif. Ini karena ada saran bahwa Xi dapat mengecilkan komite tetap PKC menjadi lima anggota, memberinya lebih banyak kebebasan, dan mengganti beberapa anggota yang belum mencapai 68 tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini