Dihantam Kemarau Panjang, Stok Kesediaan Beras di DIY Masih Tercukupi

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan di beberapa wilayah DIY menghambat sejumlah petani panen. Namun hal itu tak berpengaruh untuk komoditas beras yang ada di DIY.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY, Sugeng Purwanto mengatakan bahwa stok beras di DIY masih tercukupi hingga Desember 2023.

“Stok beras untuk wilayah DIY ini sangat aman,” ujar Sugeng Rabu 18 Oktober 2023.

Kebutuhan rata-rata warga Jogja terhadap beras berkisar 7.600 ton setiap minggunya. Hingga kini stok beras di gudang warga termasuk ketersediaan pedagang mencapai 14 ribu ton

“Prediksi kami sampai akhir Desember stok beras ini aman, termasuk 11 komoditas bahan pokok juga aman,” terang dia.

Fenomena El Nino saat ini memang berdampak lebih lama dibanding tahun lalu. Ia tak membantah akan ada waktunya fenomena ini berdampak pada ketersediaan beras.

“Tapi untuk November ini kami masih punya panenan lebih kurang 600-1000 hektare. Ini sangat cukup,” ujar dia.

Ia juga mengaku cadangan beras juga masih tersimpan rapi di beberapa gudang milik provinsi. Harapannya El Nino bisa mereda hingga akhir November ini.

Jika memang El Nino akan terus berdampak hingga akhir tahun, langkah alternatif juga sudah disiapkan Pemda DIY.

“Misal kita nanti fokuskan ke wilayah yang masih cukup air untuk ditanami komoditas berumur pendek. Jadi kalau kekurangan air umurnya tak terlalu panjang. Kami juga akan menanam varietas yang tahan dengan kekeringan,” sebut dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini