MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada era digital seperti saat ini, digitalisasi sangat penting bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tidak hanya untuk memperluas target pasarnya, namun juga untuk mendorong pertumbuhan.
“Peran digitalisasi sangat penting. Indonesia memiliki pasar yang sangat besar dan itu merupakan potensi ekonomi digital kami. Dalam ekosistem ekonomi digital, e-commerce masih menjadi pendorong pertumbuhan paling signifikan di semua negara ASEAN, dan hal itu juga terjadi di Indonesia,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, Rabu 23 Februari 2022.
Wamenkeu mengatakan bahwa masih ada tantangan. Kesenjangan digital masih sangat banyak terjadi di Indonesia.
Selama pandemi, tantangan ini terlihat pada sektor pendidikan dimana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sangat dipengaruhi oleh koneksi digital. Kesenjangan ini terlihat terutama di daerah terpencil Indonesia.
Pemerintah sangat fokus pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, karena UMKM adalah sektor yang sangat penting bagi pemulihan ekonomi
Menurut Wamenkeu, transformasi digitalisasi dan UMKM adalah bagian dari diskusi yang sangat kuat untuk program pemulihan di masa depan. Sebagaimana pembahasan dalam pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 pekan lalu.