Home Headline Didesak Masyarakat, Kapolri Bubarkan Satgasus Merah Putih

Didesak Masyarakat, Kapolri Bubarkan Satgasus Merah Putih

0
152

MATA INDONESIA, JAKARTA – Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Merah Putih resmi bubar. Pembubaran ini langsung intruksi dari Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo mengatakan, pembubaran ini untuk menjawab respons dan desakan publik. Agar Kapolri membubarkan tim khusus kepolisian tersebut.

”Malam ini 11 Agustus 2022, Bapak Kapolri resmi menghentikan kegiatan dari Satgasus Polri. Artinya, sudah tidak adalagi kegiatan Satgasus Polri,” ujar Dedi, di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis 11 Agustus 2022.

Dedi tak menjelaskan lengkap mekanisme penghentian dan pembubaran Satgasus Polri tersebut. Tetapi, ia memastikan keputusan Kapolri, menghapus unit kerja khusus di Mabes Polri itu.

“Sudah tidak lagi Satgasus,” ujar Dedi.

Satgasus Merah Putih sebetulnya satuan nonstruktural di Mabes Polri. Satuan tersebut, terbentuk pada 2019, di era Kapolri Tito Karnavian.

Satuan tugas ini punya misi khusus dan operasionalnya di bawah komando. Serta bertanggung jawab langsung terhadap Kapolri sebagai pucuk pemimpin di Polri. Beberapa misi Satgasus Merah Putih, melakukan supervisi, dalam penanganan tindak pidana serius. Mulai dari narkotika, perjudian, korupsi, pencucian uang, ilegal loging, sampai ITE.

Satgasus mendapat kewenangan untuk mengambilalih penanganan kasus-kasus  yang terjadi di lingkungan direktorat, dan di Polda seluruh Indonesia. Saat Tito Karnavian menjadi Kapolri, Satgasus Merah Putih 2019, sempat dipimpin oleh Kabareskrim Komjen Idham Aziz dan Ferdy Sambo sebagai sekretaris.

Pada 2020, saat Komjen Idham Aziz naik bintang menjadi Jenderal. Ia  menjadi Kapolri. Idham menunjuk Ferdy Sambo yang saat itu menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri menjadi Kepala Satgasus. Jabatan Ferdy Sambo sebagai kepala Satgasus, kemudian berlanjut saat Kapolri Listyo Sigit Prabowo menunjuknya sebagai Kadiv Propam.

Saat Kapolri mencopot Irjen Sambo sebagai Kadiv Propam, posisinya sebagai Kepala Satgasus, pun selesai.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here