Di G20, Hilirisasi Sumber Daya Mineral Memperkuat Struktur Perekonomian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia, butuh hilirisasi sumber daya mineral. Hilirisasi tersebut, sekaligus memperkuat struktur perekonomian Indonesia.

Hilirisasi sumber daya mineral memiliki potensi yang besar. Karenanya agenda menjadi prioritas.

“Struktur neraca berjalan dan sektor manufaktur yang kuat bisa tercapai dengan mengembangkan industri hilir dengan nilai tambah yang lebih tinggi, terutama untuk sumber daya mineral,” kata Dody dalam Seminar on Recover Stronger: Shifting Toward Higher Value-Added Industries, sebagai bagian dari side event finance track Presidensi G20 Indonesia 2022, Senin 14 Februari 2022.

Menurut Dody, hilirisasi diperlukan karena tiga alasan utama.

  • Pertama, pembentukan industri hilir akan menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi, sehingga mendukung ekspor dan membuat Indonesia semakin terhubung dengan rantai nilai global.
  • Kedua, adanya industri hilir akan mengurangi ketergantungan impor produk manufaktur yang bernilai tambah lebih tinggi.
  • Ketiga, pengembangan industri dengan nilai tambah yang lebih tinggi akan membentuk keterkaitan dalam negeri dengan industri pendukung, sehingga mencapai pertumbuhan yang lebih inklusif.

“Ke depan, hilirisasi sumber daya mineral juga akan menguntungkan transisi menuju ekonomi yang lebih hijau, mengingat produk industri hilir seperti nikel merupakan input utama bagi produk-produk yang mendukung transisi hijau,” ujar Dody.

Ia mengungkapkan, dalam pengembangan hilirisasi sumber daya mineral tentunya ada sejumlah tantangan. Antara lain adalah dampak terhadap transisi konsumsi rumah tangga.

Selain itu, nilai tambah dari tahap peleburan perlu optimal, sedangkan industri hilirnya belum banyak berkembang.

Menurut Dody, pengelolaan limbah dari hilirisasi juga menjadi tantangan. Mengingat cara penyimpanan atau pembuangan sampah memerlukan biaya yang lebih tinggi.

“Apalagi penerapan standar industri hijau untuk industri hilir belum tersedia. Masalah-masalah ini perlu ada solusinya bersama. Dengan niat baik, pikiran jernih, tindakan terkalibrasi dan sinergi yang kuat,” katanya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini