Desain Unik Bandar Udara Ngloram di Blora Jawa Tengah

Baca Juga

MATA INDONESIA, BLORA – Pada 17 Desember 2021 sekitar pukul 07.00 WIB, sebuah pesawat khusus ATR 72-600 mendarat di Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Sesaat kemudian keluar dari kabin pesawat Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan yang sebelumnya bertolak dari Pangkalan TNI-AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Setibanya di Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Presiden Jokowi meninjau sejumlah fasilitas bandara dan meresmikan bandara tersebut. Dalam acara peresmian itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan pejabat terkait lainnya.

Sejak 26 November 2021, maskapai Citilink telah beroperasi di Bandara Ngloram dengan melayani penerbangan rute Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. “Dan selalu penuh dan kita harapkan nanti apabila memang penuh terus dan runway-nya 1.500 meter tidak cukup, akan kita perpanjang lagi menjadi 2.000 meter,” ungkap Presiden Jokowi.

Bandara Ngloram memiliki landas pacu, runway, sepanjang 1.500 x 30 meter. Ke depan, landasan pacu Bandara Ngloram akan lebih panjang lagi, dari 1,5 kilometer, menjadi 2 kilometer. Luas bandara sekitar 27 hektar dengan taxiway 142 meter x 23 meter, apron 90 meter x 60 meter.

Bandara ini mampu didarati pesawat ATR 72. Selain itu, Bandara Ngloram memiliki terminal penumpang seluas 3.526 meter persegi yang dapat memuat kapasitas hingga 210.000 penumpang per tahun.

Kehadiran Bandara Ngloram juga diharapkan dapat mempercepat aktivitas ekonomi baik di Kabupaten Blora, Bojonegoro, Tubang, Ngawi, Purwodadi, hingga Rembang. “Saya kira lebih dekat apabila ingin terbang dari Bandara Ngolram ini. Kita harapkan aktivitas ekonomi semakin baik, investasi akan masuk ke Cepu, Bojonegoro, semakin banyak, distribusi barang dari daerah ke daerah dan dari provinsi ke provinsi juga akan semakin meningkat dan semakin baik,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga memuji desain unik pada terminal penumpang di Bandara Ngloram. “Saya melihat tadi terminalnya juga cukup besar bisa menampung kurang lebih 210 ribu penumpang per tahun, sangat besar. Didesain seperti kita berada di bawah hutan jati karena memang Blora sangat terkenal dengan hutan jatinya dan ini juga sangat bagus,” kata Presiden Jokowi.

Desain Terminal Bandara Ngloram unik sesuai dengan karakter Blora dengan konsep eco airport. Tiang-tiang utama seperti pohon jati dan atapnya terlihat seperti daun jati. Saat berdiri di bawah terminal, berasa sedang berdiri di bawah rerimbunan pohon jati yang merupakan ciri khas Blora. Begitu juga plafon dengan lubang-lubangnya jadi menambah kesan seolah-olah rindangnya daun pohon jati.

Desain terminal bandar merupakan hasil sayembara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Semua mengangkat konsep jati sebagai ciri khas Blora.

Fasiltas jalan masuk bandara panjangnya sekitar 870 meter dengan dua jalur kanan dan kiri dengan lebar jalan 16 meter. Menggunakan aspal hotmix dan ada berbagai fasilitas seperti lampu dan lainnya. Ada tempat parkir kendaraan dan instalasi pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKPPK).

Di dalam bandara juga terdapat kamar laktasi (menyusui), mesin x-ray bagasi, walk through metal detector (WTMD), serta troli barang. Selain itu, di luar gedung terminal juga ada bagage towing tractor (BTT), mobil pemadam kebakaran, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Bandara Ngloram berada di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sebelumnya milik PT Pertamina (Persero). Awalnya pembangunannya pada 1978. Sempat berhenti operasinya pada 1984. Awalnya, bandara ini khusus untuk mendukung pengembangan proyek-proyek pertambangan minyak dan gas (migas) di Blora dan sekitarnya. Bandara ini lantas beralih kepemilikannya dari PT Pertamina ke Departemen   Pertambangan dan Energi pada 1988.

Pemerintah  Provinsi  Jawa  Tengah  pada  Agustus  2007  mengirim  surat  kepada  Menteri Energi   dan   Sumber   Daya   Mineral   (ESDM). Dalam suratnya Pemprov meminta agar Bandar Udara Ngloram yang merupakan  aset  departemen,  agar  dapat aktif kembali.  Setelah pindah ke Kemenhub pada 2018, setahun kemudian pembangunan berjalan hingga rampung di November 2021. Pembangunannya menggunakan dana dari APBN sebesar Rp132 miliar.

Beroperasinya Bandara Ngloram sebagai bandara komersial dapat menjadi alternatif konektivitas dan aksesibilitas bagi masyarakat di Jawa Tengah. Seperti Blora, Bojonegoro, dan sekitarnya. Selain itu, mampu meningkatkan perekonomian di daerah sekitar bandara.

Sehingga bila sebelumnya penerbangan melalui Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani di Semarang, kini bisa beralih ke Bandara Ngloram.

Dalam setahun terakhir, sudah ada sejumlah pesawat yang mendarat. Mulai pesawat King Air B2000GT, NAM AIR Jenis JATR 72-600. Kini, dengan menggandeng Citilink, bandara ini kembali melayani penrbangan komersial. Jadwalnya dua kali sepekan, Senin dan Jumat. Dengan rute Blora-Jakarta (Bandara Halim Perdana Kusuma).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemkab Sleman Bersama Bea Cukai Yogyakarta Sosialisasikan DBHCHT

Mata Indonesia, Sleman - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Bea Cukai Yogyakarta melakukan sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada warga Kapanewon Kalasan pada Rabu, (18/9) di Royal Palm Resto. Sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.
- Advertisement -

Baca berita yang ini