Demi UMKM, Pemerintah Siap Gelontorkan Dana Rp 123 Triliun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo menaruh perhatian besar atas terhimpitnya perekonomian sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akibat pandemi Covid-19.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, demi menyelamatkan UMKM di Indonesia, pemerintah menyiapkan dana khusus sebesar Rp 123,46 triliun.

“UMKM memang menjadi prioritas pertama pemerintah di anggaran 2020, karena UMKM itu yang pertama terpukul,” kata Menko Airlangga dalam sebuah webinar di Jakarta, Kamis 18 Juni 2020.

Ia merinci, dana Rp 123,46 triliun itu akan dianggarkan untuk subsidi bunga, penempatan dana untuk perbankan agar segera bisa restrukturisasi, jaminan, persiapan modal kerja baru, PPH final untuk UMKM yang ditanggung pemerintah, dan pembiayaan untuk LPDB.

“Terkait dengan UMKM yang namanya pengusaha kita berikan relaksasi kredit. tetapi tentunya kalau untuk pekerja itu adalah untuk pegawainya ataupun untuk pekerjaannya yang kena PHK atau di rumah kan tetapi kalau pengusahanya tentu yang diberikan adalah relaksasi subsidi bunga,” ujarnya.

Di tengah pandemi ini, Airlangga berharap rakyat Indonesia tetap optimis, bahwa negara bisa keluar dari ancaman krisis ekonomi.

Di masa seperti ini, dalam amatan Airlangga, adalah sebuah momen yang tepat untuk bekerja sama antara dunia usaha UMKM dengan pemerintah. Ia percaya bahwa entrepreneur Indonesia mampu melewati masa krisis ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini