Danau Sentarum Meluap, 216 Rumah Warga Terendam Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-216 rumah pendduduk yang berada di tiga desa, Kecamatan Batang Lupar, Kalimantan Barat terendam banjir akibat luapan air Danau Sentarum.

“Tiga desa terdampak banjir yaitu Desa Melemba, Sepandan dan Desa Lanja Deras dengan ketinggian air rata-rata satu hingga tiga meter,” kata Camat Batang Lupar, Ilham, Selasa 29 September 2020.

Menurutnya, untuk Desa Melemba ada 26 rumah terendam terdiri dari 38 kepala keluarga, fasilitas umum tiga dengan kerugian berkisar Rp 40-75 juta.

Di Desa Sepandan, banjir merendam 95 rumah penduduk dengan 105 kepala keluarga dan delapan fasilitas umum juga terendam dengan kerugian berkisar sekitar Rp 40-100 juta.

Sedangkan untuk Desa Lanjak Deras, banjir merendam 95 rumah penduduk terdiri dari 120 kepala keluarga, fasilitas umum delapan dengan kerugian berkisar Rp 40-100 juta.

“Kami sudah melaporkan kondisi banjir itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu,” katanya.

Dia mengatakan, akibat banjir tersebut aktivitas masyarakat lumpuh terutama perekonomian masyarakat setempat.

Ilham mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi banjir, apabila ada masyarakat yang ingin mengungsi, pihak Kecamatan Batang Lupar telah menyiapkan posko pengungsian, hanya saja sampai saat ini masyarakat memilih bertahan di rumah masing-masing dengan membuat panggung dalam rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini