Dana Otsus Papua Punya Banyak Manfaat Maka Kecepatan Penyalurannya Harus Ditingkatkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Papua. Terlebih dengan tujuannya yang baik yaitu untuk memperbaiki percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua.

Penasihat Senior Masalah Papua, Michael Manufandu, menegaskan supaya efektivitas penyaluran dana Otsus ditingkatkan agar upaya untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua bisa terealisasi dengan sempurna.

“Ya artinya kalau dibilang turun Maret, ya jangan bulan Mei, jangan disimpan,” kata Michael Manufandu kepada Mata Indonesia News, Senin 12 April 2021.

Meski demikian, sejauh ini Michael menilai dana Otsus sudah bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Memang ini sulit diterangkan, dilihat namun ini bisa dirasakan,” kata Michael.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan bahwa aspirasi masyarakat Papua harus diperhatikan karena Otsus dilandaskan pada semangat membangun kesejahteraan masyarakat asli Papua sebagai prioritas.

Maka, Tito menekankan juga agar Pansus bekerja dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selain menyerap aspirasi, dan juga tetap pada koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kita harapkan revisi ini undang-undang mendatang akan menjadi platform untuk mempercepat pembangunan di Papua,” kata Tito.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini