Dampak Serangan Rusia ke Ukraina, Harga CPO Indonesia Melejit Tertinggi dalam Sejarah

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDA ACEH – Harga crude palm oil (CPO) Indonesia melejit akibat dampak penyerbuan Rusia ke Ukraina. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi  mengatakan pemerintah akan menjaga harga ekspor tersebut.

Menurut Lutfi peperangan dua negara itu membuat harga minyak dunia mengalami kenaikan. ”Minyak bumi itu sudah lepas 100 dolar, harga kemarin di Belawan untuk CPO Indonesia sudah mencapai Rp17 ribu, tertinggi dalam sejarah,” kata Lutfi usai mengecek harga minyak goreng di Pasar Al-mahirah, Banda Aceh, Sabtu 26 Februari 2022.

Meski demikian, pemerintah tetap punya pekerjaan rumah yaitu tidak bisa serta merta merusak harga domestik. ”Karena kita penghasil kelapa sawit minyak goreng terbesar di dunia. Itu yg mau kita pertahankan,” ujar Lutfi.

Luthfi memastikan tidak terjadinya kelangkaan minyak. ”Kita mengecek ketersediaan terutama minyak goreng di Banda Aceh. Minyak goreng di Aceh ada, tetapi harga tidak sesuai ketentuan pemerintah,” katanya.

Kedatangan Muhammad Luthfi ke Pasar Al Mahirah ini bersama Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Kepala Disperindag Aceh Mohd Tanwier serta unsur SKPD Banda Aceh lainnya.

Saat ditanyai Luthfi, pedagang setempat menjelaskan bahwa untuk minyak goreng curah harganya Rp 15 ribu per liter dan minyak goreng kemasan sekitar Rp 18.000 sampai Rp 20.000 per liter.

Kondisi ini, kata Luthfi, lebih baik ketimbang tidak ada ketersediaan sama sekali minyak goreng di pasaran dan harga yang lebih tinggi. ”Ke depan pasokan akan banyak. Supaya harganya sesuai dengan ketetapan pemerintah yaitu Rp 11.500 per liter untuk curah. Rp 13.500 untuk kemasan sederhana dan Rp14.000 kemasan premium,” katanya.
Luthfi menambahkan, minyak goreng sebenarnya berlimpah di Medan, karena itu sekarang pihaknya mencoba membuka jalur supaya pendistribusian ke Aceh normal.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini