Dampak Arus Mudik dan Balik, Pendapatan Tol Naik 28,13 %

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kenaikan pendapatan tol selama masa mudik dan arus balik lebaran sebesar 28,13%.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, jumlah volume lalu lintas jadi penyumbang dari kenaikan pendapatan tol tersebut.

Pada tahun ini, Jasa Marga mencatat terdapat 1,69 juta kendaraan pada arus mudik. Dan 1,78 juta kendaraan pada arus balik yang melewati jalan tol.

Namun, Heru tidak merinci berapa nilai persis pendapatan yang diraih perseroan selama momen mudik dan arus balik.

”Pada Kuartal I tahun 2022, Perusahaan mencatatkan pendapatan usaha 16% lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan pada Kuartal I tahun 2021,” ujarnya, Senin 23 Mei 2022.

Heru berharap, kenaikan pendapatan ini terus bertahan hingga akhir tahun 2022. “Kami optimis hal ini akan tercapai, seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin pulih. Dan juga peningkatan volume lalu lintas yang sudah jauh lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat laba bersih sebesar Rp 392,8 miliar pada kuartal pertama tahun 2022. Angka ini naik 142,7 persen atau Rp231 miliar dari periode yang sama 2021.

”Jasa Marga mampu membuka kuartal pertama tahun 2022 dengan kinerja yang sangat positif. Di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi,” kata Heru

BUMN di bidang properti ini mencatat pendapatan usaha sebesar Rp3,2 triliun atau tumbuh 16 persen yang merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol Rp2,9 triliun yang naik 15,7 persen. Dan kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp257,8 miliar atau naik 9,6 persen dari periode yang sama tahun 2021.

”Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas perseroan. Tidak hanya itu, Perseroan pada kuartal ini juga mampu merealisasikan pertumbuhan EBITDA sebesar 12,7 persen. Atau tercatat sebesar Rp2,2 triliun, dimana EBITDA margin mencapai 68,1 persen,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gubernur DIY dorong Kabupaten/Kota Berkomitmen Mengurangi Kemiskinan

Mata Indonesia, Sleman - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (1/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini