Catat, Ini Dia Tiga Rangkaian Acara Nyepi di Bali

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Besok, Kamis 7 Maret 2019, semua umat Hindu di Bali bakal merayakan Hari Raya Nyepi. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak hal menarik lainnya saat perayaan ini? Ya, beberapa hari sebelum dan sesudah hari H, ada beberapa tradisi unik yang menarik untuk disaksikan.

Berikut, rangkaian acara tradisi Nyepi di Bali, yang wajib diketahui. Apa saja?

1. Upacara Melasti

Upacara Melasti diadakan dua hari sebelum hari Nyepi. Dalam upacara Melasti, umat Hindu di Bali melakukan ibadah atau sembahyang di laut.

Yang menarik dari tradisi ini adalah aneka macam persembahan yang diarak dari pura ke pantai. Kamu bisa menyaksikan upacara Melasti di Pantai Sanur, Pantai Candidasa atau Pantai Klotok.

2. Ngerupuk yang identik dengan Pawai Ogoh-ogoh

Acara ini diadakan sehari sebelum Nyepi. Pawai ini biasanya ditandai dengan patung Ogoh-ogoh yang diusung oleh banyak orang dan diarak berkeliling dan kemudian dibakar. Ogoh-ogoh sendiri merupakan gambaran sifat buruk manusia.

3. Ritual Omed-omedan

Kamu juga masih bisa menyaksikan rangkaian acara menarik lainnya sehari setelah Nyepi, yakni Omed-omedan. Perayaan satu hari setelah Nyepi disebut Ngembak Geni.

Biasanya di hari ini para warga Bali bersilaturahmi ke sanak saudaranya. Ritual Omed-omedan sendiri menjadi salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu di hari ini. Tradisi ini dimaksudkan untuk menjalin keakraban dan kerukunan warga dengan simbol berpelukan.

Berita Terbaru

Bupati Sleman Resmikan Gen Z Institut Sleman: Harapan Besar Generasi Z Membangun Sleman Sembada

Sleman, 16 Juli 2024 – Kabupaten Sleman menyaksikan sebuah tonggak penting dalam pemberdayaan generasi muda dan perempuan dengan peluncuran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini