Canggih! Pindad Ciptakan Senjata Pemusnah Sampah Tanpa Asap

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-PT Pindad tidak hanya fokus di pembuatan senjata saja. Kali ini mereka berkejasama dengan PT Top Tekno Indo (Hejotekno) memproduksi produk pemusnah sampah dengan dengan teknologi tanpa asap atau smokeless incinerator bernama Stungta X Pindad.

“Stungta X Pindad merupakan salah satu bagian dari solusi inovatif penanganan sampah yang ramah lingkungan. Kami mendukung penuh inovasi karya anak bangsa ini dan siap memproduksi bersama-sama secepatnya untuk membenahi lingkungan kita di berbagai daerah di tanah air,” kata Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heri Heriswan, dalam keterangannya, Jumat, 4 September 2020.

Pindad dan Hejotekno memulai kerja sama produksi Stungta lewat penandatanganan MOU pada 26 Juli 2020. Kerja sama terkait produksi bersama, kegiatan sertifikasi, serta kegiatan bisnis lainnya. Produk tersebut bertujuan untuk menjadi pengolah residu sampah, yakni sisa pemilihan sampah yang tidak bisa dimanfaatkan kembali.

Stungta diklaim sebagai incinerator ramah lingkungan dengan tidak menghasilkan asap dan zat berbahaya lain karena sudah melewati pembakaran double burner, filter, dan treatment asap.

Sistem tungkunya diklaim efisien dalam penggunaan bahan bakar. Pembakaran sampah dapat dilakukan terus-menerus karena tidak menggunakan sistem buka tutup pintu ruang bakar seperti produk incinerator lain yang mengharuskan burner dipadamkan dulu sebelum memasukkan sampah baru.

Temperatur pembakaran Stungta berkisar 800-1.200 derajat Celcius yang diklaim dapat memusnahkan seluruh jenis sampah kering dan basah. Hasil pembakaran dominasi hingga tersisa lima persen dari volume awal sampah. Stungta juga memiliki desain kompak, ukuran kecil, dan gampang dipindahkan karena memiliki sumber listrik mandiri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Hardiknas Dengan Mimbar Bebas Orasi dan Kesenian

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, BEM Nusantara DIY menggelar aksi mimbar bebas pada 2 Mei 2024 di Tugu Yogyakarta yang dimeriahkan oleh orasi dan pertunjukkan kesenian.
- Advertisement -

Baca berita yang ini