Cacar Monyet Masuk Indonesia, Dinkes Kabupaten Bogor Imbau Warga Tak Makan Daging Hasil Berburu

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOGOR-Cacar monyet merupakan penyakit menular yang kini telah menjadi wabah baru usai pandemi Covid-19.

Kabarnya virus itu telah masuk ke Indonesia khususnya di wilayah DKI Jakarta namun sampai saat ini wilayah lainnya belum terkonfirmasi.

Diketahui, virus ini disebabkan oleh infeksi virus monkeyfox dan menular antar sesama manusia, cara penularannya bisa melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng atau cairan tubuh penderita.

Pasien yang terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia diketahui memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

Untuk itu, guna mengantisipasi penyebaran cacar monyet di kabupaten Bogor. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengimbau pada warga agar senantiasa menerapkan hidup sehat dan rajin mencuci tangan.

Selain beberapa poin di atas, Mike juga mengimbau masyarakat tidak mengonsumsi daging hewan hasil buruan terutama hewan liar seperti tupai dan berbagai jenis spesies monyet.

“Menghindari kontak langsung dengan hewan pembawa monkeyfox, mengkonsumsi daging yang diburu dari hewan liar (bush meat), dan hindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi monkeyfox,” ujarnya.

Bagi para tenaga kesehatan juga diimbau untuk terus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat melakukan tugas di ruangan atau di lapangan guna mengantisipasi terjadinya penularan.

“Untuk petugas kesehatan gunakan sarung tangan, masker, baju pelindung disaat melaksanakan pelayanan kesehatan atau binatang yang sakit,” katanya.

Masuknya cacar monyet ke Indonesia membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kian gencar memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan pengecekan ketat di gerbang masuk negara.

“Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022.

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) resmi mengumumkan temuan kasus pertama yang terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia pada Sabtu 20 Agustus 2022 lalu, pasien tersebut seorang laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini