Bukan Cuma Selundupkan Harley, Ini Enam Kontroversi Ari Ashkara Semasa Jabat Dirut Garuda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dipecatnya Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra alias Ari Ashkara karena ketahuan menyelundupkan Harley Davidson keluaran tahun 1972 dan dua sepeda Brompton membuka mata semua soal moral hazard petinggi BUMN tersebut.

Semakin ditelusuri, ternyata terlalu banyak kontroversi yang dilakukan Ari Akhsara selama menjabat Dirut Garuda. Mata Indonesia berhasil menghimpun lima di antaranya seperti berikut;

1. Merekayasa Keuangan Garuda
Tahun 2018, saat Ari diangkat menjadi Dirut terdengar kabar Garuda telah mengutak-atik laporan keuangan perusahaan plat merah tersebut. Kondisi keuangan yang merugi terlihat untung. Garuda diketahui merugi hingga Rp 2,45 triliun.

2. Perseteruan Garuda vs Sriwijaya
Kerjasama dua maskapai itu berawal pada November 2018. Namun baru berjalan setahun terjadi ketegangan karena perbedaan pendapat soal biaya manajemen dan pembagian keuntungan.

Puncaknya ketika anak usaha Garuda menarik seluruh layanan perawatan pesawat Sriwijaya bahkan maskapai itu diminta membayar utang akibat sejumlah rute penerbangan yang dihentikan.

3. Larangan Memfoto dan Merekam Video dalam Pesawat
Hal itu berawal dari seorang youtuber Rius Vernandes yang mengulas pelayanan kelas bisnis dalam penerbangan Sydney-Jakarta. Hal yang dikomentari adalah menu yang hanya bertulis tangan.

Sejak saat itu, melalui media sosialnya, Garuda mengeluarkan surat edaran larangan memfoto atau mengambil video saat berada di dalam pesawat.

4. Melambungnya Harga Tiket 
Di awal 2019 ini Garuda tiba-tiba menaikkan harga tiket semua rute domestik hingga 100 persen. Kenaikan harga ini dikuti maskapai lainnya.

5. Menghentikan Penerbangan langsung Jakarta – Amsterdam
Rute itu dihapus dan diganti dengan Denpasar-Medan-Amsterdam. Hal itu diduga sebagai cara agar Ari bisa memasukan barang-barang yang dibelinya supaya tidak melewati bea cukai.

6. Diduga Berselingkuh dengan Pramugari
Ari Akhsara diduga berselingkuh dengan Puteri Novitasari Ramli seorang pramugari Garuda yang berbasis di Bali. Hal itu viral di media sosial lewat akun twitter @digeeembok yang telah membeberkan kelakuan perempuan itu karena meminta fasilitas layanan terbaik kepada manager area Garuda. Jika ditolak dia melaporkannya ke Ari Akhsara yang langsung menindak pegawai yang menolak tersebut.(Yuri Giantini)

 

Ini potongan status seorang pilot Garuda soal sepakterjang Ari Ashkara;

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini