Home Headline Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Ajak Rumuskan Aksi Nyata Pengelolaan Air Inklusif

Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Ajak Rumuskan Aksi Nyata Pengelolaan Air Inklusif

0
36

Bali – Presiden Jokowi secara resmi membuka gelaran Forum Air Sedunia atau World Water Forum (WWF) ke-10 pada Senin (20/5).

“Selamat datang di Bali, suatu kehormatan bagi Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Forum Air Sedunia yang kesepuluh untuk meneguhkan komitmen bersama dan merumuskan aksi nyata pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan” ucap Presiden Jokowi dari Kawasan Bali International Convention Center (BICC).

Mulanya, Kepala Negara menjelaskan bahwa bumi didominasi oleh air dan hanya sedikit yang bisa diakses untuk kebutuhan sehari-hari.

“Bisa kita bayangkan dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi” tuturnya.

Karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan agar air dapat dikelola dengan baik. Presiden turut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal dalam mengelola air.

“Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air, salah satunya adalah sistem pengairan Subak di Bali yang dipraktekkan sejak abad ke-11 yang lalu, dan diakui sebagai warisan budaya dunia.” ujarnya.

Di tempat yang sama, pengusaha teknologi asal Amerika Serikat Elon Musk turut mengapresiasi pelaksanaan WWF ke-10. Menurutnya, pertemuan tingkat tinggi tentang air diyakini mampu memberikan kepastian dalam menyelesaikan persoalan air dunia.

Tak hanya itu, Elon juga turut menekankan pentingnya potensi penggunaan energi alternatif dalam menyokong upaya pelestarian lingkungan dan menjaga ketahanan air.

“Potensi penggunaan energi alternatif dalam menyokong upaya melestarikan lingkungan dan menjaga ketahanan air, salah satunya panel surya.” tuturnya

Sejumlah kepala negara, perwakilan organisasi dunia, hingga delegasi asing turut hadir dalam acara opening ceremony WWF ke-10. Mereka diantaranya adalah Presiden World Water Council Loïc Fauchon, Dennis Francis selaku Presiden Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-78, hingga Wakil PM Malaysia Dato Sri Haji Fadillah Bin Haji Yusof.

Sementara itu, turut hadir Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kegiatan Opening Ceremony turut dimeriahkan oleh pertunjukan seni, mulai dari musik Orkestra, tari, hingga paduan suara.

WWF ke-10 digelar di kawasan Nusa Dua Bali sejak 18- 25 Mei 2024. Adapun tema besar yang diangkat dalam forum tersebut adalah ‘Water for Shared Prosperity yang dianggap sangat relevan dengan kondisi saat ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here