BPKB Elektronik Mulai Berlaku 2023

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik akan diterapkan pada 2023. Sebelumnya Yusri mengemukakan harapannya berlaku pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa diterapkan,” ujar Yusri, Rabu 28 September 2022.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan di situs Korlantas Polri, Yusri menjelaskan mengupayakan BPKB elektronik pada tahun ini.

Yusri menjelaskan BPKB elektronik tidak akan berubah menjadi kartu seperti KTP elektronik, tetapi tetap berbentuk buku sesuai namanya.

“BPKB kan buku, kalo jadi kartu KPKB,” kelakar Yusri.

Sistem BKPB elektronik ini sendiri memiliki sebuah ekosistem yang di antaranya memuat BPKB elektronik yang disematkan chip, arsip digital, serta aplikasi.

BPKB elektronik yang disematkan chip nantinya akan menyimpan data kendaraan bermotor agar lebih mudah diakses.

“Seperti chip pada paspor. Kita bisa tahu isinya, kita bisa tahu dokumen apa yang ada di situ, yang punya siapa, alamatnya di mana, pernah ke luar negeri, pernah ke mana,” terang Yusri.

Terkait waktu pasti penerapan BPKB elektronik ini, Yusri mengatakan perlu ada serangkaian proses yang dilakukan, mulai dari lelang, pembuatan, hingga penerapan.

“Kan harus dilelang dulu, harus dibuat dulu, kan kita baru rencanakan. Saya lagi merancang. Seperti membangun rumah, apakah Januari nanti sudah bisa jadi? Kan sekarang baru saya rancang,” katanya.

“Tapi tahun depan insyaallah, kita akan upayakan semaksimal mungkin,” tambahnya.

BPKB elektronik nantinya akan diterapkan secara serempak di skala nasional. Pasalnya, proses integrasi data yang dilakukan tidak bisa setengah-setengah.

Terkait mekanisme penerapan, Yusri menyebut BPKB elektronik ini akan diberikan pada pemilik kendaraan yang melakukan pergantian BPKB serta pemilik kendaraan yang membuat BPKB baru.

“Setiap ada yang melakukan pergantian, setiap ada BPKB baru, BPKB itu nanti pakai chip,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan ada beberapa manfaat yang didapatkan dari kehadiran BPKB elektronik ini, salah satunya adalah pemangkasan waktu ketika mengurus mutasi kendaraan.

“arahnya pada kemudahan pelayanan kendaraan dalam hal pengurusan. Misalnya mutasi, sekarang butuh 2 minggu atau sebulan? Saya akan upayakan satu hari jadi mutasinya,” tutur Yusri.

“Banyak juga keuntungan lain karena di situ ada chip data kendaraan bermotor,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini