BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Indonesia, Masyarakat Diimbau Waspada

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sejumlah daerah di Indonesia, diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan dilanda cuaca ekstrem, masyarakat diminta untuk wasapda. Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi selama 3 hari ke depan.

Berdasarkan catatan BMKG, terdapat sirkulasi siklonik (pusat tekanan udara rendah) yang terjadi di NTB, Kepulauan Tanimbar dan Perairan Utara Papua. Sirkulasi siklonik menyerupai pola Near Equatorial Trough (NET).

Belokan angin terdapat di Jawa, NTT, Kalimantan bagian Timur, Sulawesi dan Maluku Utara. Konvergensi memanjang dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Selatan dan dari Maluku hingga Papua Barat.

“Kondisi tersebut menyebabkan meningkatnya potensi hujan di wilayah sekitar Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” demikian keterangan yang disampaikan BMKG, Kamis 2 Mei 2019.

Sejumlah wilayah yang diperkirakan hujan lebat pada hari ini yaitu Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi pada Jumat 3 Mei 2019 di Sumatera Utara, Riau, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sejumlah daerah lain pun diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini. Daerah-daerah tersebut antara lain Aceh, Kep.Bangka Belitung, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat.

Potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi pada Jumat 3 Mei 2019 di Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua Barat.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang melanda di daerah-daerah tersebut,” imbau BMKG.

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini