Biaya Logistik Masih Mahal, Pelindo Benahi Pelabuhan Ambon

Baca Juga

MATA INDONESIA, AMBON – Biaya logistik di Indonesia masih lebih tinggi dari negara-negara kawasan Asia Tenggara lain, seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, hasil studi Bank Dunia menunjukkan biaya logistik di Indonesia mencapai 23 persen. Dari total produk domestik bruto (PDB) nasional.

”Tidak semua beban biaya logistik ada di Pelindo. Tapi juga di instansi lain,” ujar dia, Jumat 29 Juli 2022.

Merespons hal tersebut, Arif menyebutkan, pasca merger perseroan fokus melakukan perbaikan di pelabuhan kelolaan. Dengan harapan dapat meningkatkan arus peti kemas di pelabuhan.

“Dengan pertumbuhan tahunan sekitar lima persen, tahun ini kita punya target 17,3 juta TEUs,” katanya.

Salah satu upaya perbaikan perusahaan pelabuhan pelat merah itu di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

General Manager Pelindo Regional 4 Ambon I Nengah Suryana menilai, sebelum perbaikan, Pelabuhan Yos Sudarso masih beroperasi dengan sistem manual dengan kondisi lapangan yang berantakan.

Selain itu, semula terminal peti kemas juga bercampur antara lokasi bongkar dan lokasi pemuatan. ”Driver truk kontainer butuh waktu cukup lama untuk menemukan peti kemas. Baik untuk membongkar atau memuat barang,” kata Nengah Suryana.

Oleh karenanya, Pelindo melakukan pembenahan. Pertama dengan membuat pemetaan. Memisahkan blok bongkaran, blok muatan, dan membuat lokasi khusus untuk Cargo Consolidation and Distribution Center (CCDC).

“Di lokasi inilah barang akan bongkar dari peti kemas (stripping) dan muat ke dalam peti kemas (stuffing). Blok-bloknya jadi jelas,” ujar dia.

Kemudian, Pelindo Regional 4 mendatangkan peralatan baru untuk mempercepat proses bongkar muat. Di mana perusahaan mulai menggunakan dua container crane (CC) dan rubber tyred gantry (RTG).

Penggunaan RTG, kata Nengah Suryana, bisa mempercepat proses bongkar muat karena bisa menyusun peti kemas sampai lima tumpukan. Di mana sebelumnya, hanya bisa menumpuk peti kemas maksimal sampai tiga tier.

“Hasilnya, kapasitas lapangan peti kemas Ambon naik dari semula 190 TEUs (twenty-foot equivalent unit) menjadi 250 TEUs,” ujarnya.

Jam operasional pun diubah mengikuti penambahan kapasitas lapangan peti kemas tersebut, yakni dari semula hanya beroperasi hingga pukul 10 malam, menjadi beroperasi selama 24 jam penuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Berikan Paket Stimulus Demi Jaga Daya Beli Masyarakat TerdampakPenyesuaian PPN 1%

Oleh : Rivka Mayangsari*) Perekonomian global dan domestik yang terus menghadapi ketidakpastian menuntut kebijakan yang cerdas dan tepat sasaran untuk menjaga daya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini