Biar Melek Digital, Petani dan Nelayan Indonesia Dapat Bantuan dari Arab Saudi Rp 1,45 Triliun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah Arab Saudi menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,45 triliun untuk membantu para nelayan dan petani yang ada di Indonesia agar melek digital.

Anggaran itu tertuang dalam bentuk kerjasama antara PT Indonesia Mecca Tower dengan PT Bayarind Artha Internusa terkait produktivitas komoditas bagi petani dan nelayan di Indonesia. Dalam hal ini keduanya difasilitasi oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas.

Adapun kerja sama ini dalam bentuk pengembangan digitalisasi rantai pasok pangan dengan sistem dompet elektronik berbasis syariah.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan kerja sama ini guna mendukung program Prioritas Strategis Penguatan Jaminan Usaha serta 350 korporasi petani dan nelayan dalam RPJMN 2020-2024.

“Total investasi sebesar Rp 1,45 triliun untuk mendukung Major Project Penguatan Jaminan Usaha serta 350 Korporasi Petani dan Nelayan,” ujarnya.

Suharso menjelaskan nantinya proyek digitalisasi tersebut berbasis e-wallet syariah. e-wallet Syariah merupakan sistem pembayaran secara elektronik dengan menggunakan aplikasi digital yang akan memudahkan para petani dan nelayan untuk bisa membeli kebutuhan sehari-hari, tanpa harus menunggu pendapatan dari hasil panen atau tangkapan.

“Sistem aplikasi ini tidak memungut biaya dan hanya mendapatkan imbalan dari metode bagi hasil yang berbasis syariah,” katanya.

Menurutnya penerapan sistem tersebut sejalan dengan arah kebijakan yang dirumuskan Bappenas unt menciptakan kesempatan petani dan nelayan. Sekaligus juga menjadi pemegang saham perusahaan yang berbasis syariah serta upaya di dalam memperkuat keuangan inklusif bagi seluruh masyarakat.

Terdapat 1.029 klaster kawasan produksi komoditas pertanian yang belum terintegrasi dengan akses pasar. Dari sisi input, akses petani dan nelayan terhadap sumber daya produktif juga rendah, salah satunya ditunjukkan dengan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada sektor pertanian yang baru mencapai 23 persen.

Diharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan kesejahteraan baik pendapatan maupun produktivitas komoditas petani dan nelayan. Sekaligus perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan pertanian serta perikanan dari ketergantungan menjadi mandiri.

“Diharapkan kerja sama ini dapat mendukung pencapaian target Major Project secara nasional, meningkatkan pendapatan petani rata-rata 5 persen per tahun dan pendapatan nelayan rata-rata 10 persen per tahun, serta produktivitas komoditas 5 persen per tahun,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini