Berhasil Tangani Covid19 Bisa Turunkan Angka TBC di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Upaya gigih masyarakat menangani Covid19 bisa juga menurunkan angka TBC di Indonesia yaitu dengan cara memakai masker, menjaga jarak ditambah menjaga kebersihan, memperbaiki kualitas udara dan juga vaksinasi.

“Ibarat pepatah: “sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui,” begitu pesan Ketua Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, dr Andi Khomeini Takdi yang diterima Mata Indonesia News, Rabu 24 Maret 2021.

Andi menganjurkan pandemi ini harus dijadikan sebagai upaya memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sehingga bisa mencapai Indonesia Sehat 5.0.

Pernyataan Andi itu untuk mengingatkan masyarakat bahwa setiap 24 Maret diperingati sebagai Hari TBC se-Dunia.

Peringatan itu bertolak pada penemuan bakteri Mycobacterium tuberculosis oleh Dr. Robert Koch pada 24 Maret 1882.

Peringatan itu bukan tanpa alasan karena pada 2019 tercatat penderita TBC di seluruh dunia sudah mencapai angka 10 juta.

Tahun itu juga mencatat 1,4 juta penderitanya telah meninggal akibat penyakit yang menyerang organ paru-paru tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini