Berbeda dengan Barat, 4 Negara Ingin Berteman Baik dengan Taliban

Baca Juga

MATA INDONESIA, KABUL – Juru bicara kantor politik Taliban, Mohammad Naeem mengatakan bahwa kelompok tersebut menjalin hubungan dengan Iran, Cina, Pakistan, dan Uzbekistan.

Menurutnya keempat negara ini bertolak belakang dengan negara-negara Barat yang khawatir dengan pemerintahan kelompok Taliban –yang merebut kekuasaan Presiden Ashraf Ghani pada 15 Agustus 2021. Ketika itu Taliban menyatakan telah mengambil alih seluruh negara, termasuk kota-kota besar dan pos pemeriksaan perbatasan.

“Kami memiliki hubungan dan kami berhubungan dengan mereka. Negara tetangga Afghanistan dan kami ingin hubungan itu berkembang,” kata Mohammad Naeem, melansir World Today News, Kamis, 26 Agustus 2021.

Cina sebelumnya telah menyatakan siap membangun hubungan baik dan kooperatif dengan kelompok Taliban. Negeri Tirai Bambu menjadi negara pertama di dunia yang melontarkan pernyataan tersebut , setelah Taliban menguasai Afghanistan.

Beijing berusaha untuk mempertahankan hubungan dengan Taliban, di saat negara-negara lain menarik staf diplomatiknya. Untuk diketahui, Cina berbagi perbatasan seluas 76 kilometer (47 mil) yang terjal dengan Afghanistan.

Cina telah lama khawatir Afghanistan menjadi titik pementasan bagi gerakan separatis minoritas Uighur di wilayah perbatasan sensitif Xinjiang. Tetapi pajabat Taliban yang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi di Tianjin bulan lalu, menjanjikan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai basis bagi militan.

Sementara Rusia, melalui Kementerian Luar Negerinya memperingatkan bahwa Moskow tidak akan gegabah dalam mengakui gerakan Taliban sebagai pemerintah baru Afghanistan atau menghapusnya dari daftar organisasi teroris.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini