Belasan Narapidana Tewas Usai Perkelahiran Antargeng di Penjara Ekuador

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sedikitnya 13 narapidana tewas karena kerusuhan di penjara Kota Santo Domingo, Ekuador pada Senin 18 Juli 2022.

Badan Kewenangan Penjara Ekuador mengatakan ini adalah insiden terbaru kekerasan penjara yang mematikan di negara Andes itu.

Pemerintah Presiden konservatif Guillermo Lasso mengaitkan kekerasan penjara dengan perkelahian antara geng-geng untuk menguasai wilayah dan rute perdagangan narkoba. Tahun lalu, 316 tahanan tewas dalam kerusuhan di berbagai penjara di seluruh Ekuador.

Badan penjara SNAI mengatakan, polisi dan angkatan bersenjata merebut kembali kendali penjara. Sebelumnya menyebut insiden itu sebagai perselisihan.

“Sayangnya, personel dari pusat melaporkan hingga sekarang 13 tahanan tewas dan dua terluka,” kata badan tersebut.

Ia menambahkan penghitungan akhir akan dilakukan oleh kantor jaksa agung. Kekerasan di penjara di Santo Domingo pada Mei menyebabkan 43 kematian.

Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika mengatakan sistem penjara Ekuador dirusak oleh pengabaian negara dan tidak adanya kebijakan yang komprehensif, serta kondisi yang buruk bagi narapidana. Penjara negara itu menampung sekitar 33.900 orang dan 12,5 persen di luar kapasitas maksimum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kemarau Ancam DIY hingga Akhir Tahun, 23 Kelurahan di Kulon Progo Rawan Kekeringan

Sebanyak 23 kelurahan di tujuh kapanewon wilayah Kulon Progo dikategorikan rawan kekeringan selama kemarau panjang 2024. Kalurahan-kalurahan ini tersebar...
- Advertisement -

Baca berita yang ini