Begini Ucapan Khas Warga Dunia, Termasuk Indonesia, Saat Idul Fitri

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Setiap Idul Fitri kita mengenal ucapan “minal aidin wal faidzin” atau “maaf lahir batin.” Sementara di dunia ucapan yang dikenal masyarakat adalah “Eid Mubarak” atau Id yang diberkahi atau Id yang bergembira.

Menurut catatan aljazeera, beberapa negara memiliki cara mengucapkan Selamat Idul Fitri yang terkenal, termasuk Indonesia.

  1. Indonesia
    Menurut Aljazeera kata yang sering digunakan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri adalah “Selamat Lebaran” yang berarti Id yang bergembira.
  2. Turki
    ‘Mutlu Bayramlar’ yang berarti festival menggembirakan atau setara dengan kata ‘Eid Mubarak’. Kadang mereka menyebut ‘Seker Bayrami’ atau Festival Manis. Masyarakat juga saling mengucapkan dengan kata ‘Bayramýnýz kutluolsun’ yang berarti biarkan festival mu penuh berkah atau juga ‘Bayramýnýz mubarek olsun,’ berarti sama.
  3. Nigeria
    “Barka da Sallah” dalam bahasa Hausa. Artinya juga kira-kira ‘Eid Mubarak’ atau Id yang menggembirakan.
  4. Malaysia dan Singapura
    Jika kamu ke Malaysia and Singapura selama Idul Fitri maka ucapan yang akan sering terdengar seperti dilansir dawn.com adalah ‘Hari Raya Aidilfitri’ atau ‘Hari Raya Puasa’

Begitu lah setiap bangsa memiliki budayanya sendiri dalam merayakan Idul Fitri.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini