Begini Tanggapan Masyarakat Soal Pemberlakuan E-Tilang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rencana pemberlakuan tilang elektronik oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendapat berbagai tanggapan dari masyarakat. Ada yang setuju dan ada pula yang merasa ragu soal pemberlakuan e-Tilang ini.

Menurut salah satu akun Twitter @CRegazoni, hal ini merupakan terobosan yang bagus. Ia juga berharap agar hal ini dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, Deta seorang pengendara ojek online juga ikut berkomentar. Menurutnya, adanya tilang elektronik ini sangat baik. Hal ini bisa mengurangi oknum nakal di jalan serta mengurangi pelanggaran lalu lintas. Pengemudi akan merasa was-was karena terpantau oleh kamera cctv di sepanjang jalan.

Deta juga mengatakan, adanya e-Tilang ini membuat pengendara yang melakukan pelanggaran tidak akan mengantre untuk sidang lagi. Pelanggar akan diberikan slip tilang dan bisa langsung dibayarkan dengan mudah.

Pemilik akun Instagram, Chintia_Bella juga memberikan tanggapannya. Menurutnya, pemberlakuan e-Tilang ini harus dilakukan di seluruh Jakarta agar pengendara menaati aturan.

Ia juga menambahkan, e-Tilang berguna agar pengendara tidak seenaknya mengambil hak pejalan kai, seperti masuk jalur Zebra Cross dan trotoar.

Ada juga netizen yang memberikan saran terkait e-Tilang ini. Pemilik akun Instagram Atiqoh_nst menyarankan agar denda e-Tilang tidak hanya dibayar menggunakan uang, tetapi juga jasa, misalnya menjadi volunteer selama 6 jam untuk kegiatan kebersihan atau sosial. Menurutnya, hal ini dapat memberikan keuntungan di sisi lain.

Di sisi lain, terdapat netizen yang masih ragu tentang e-Tilang ini. Menurut Rifki Bustami, warga Kota Bogor, pemberlakuan e-Tilang ini masih kurang terpantau. Pasalnya, hanya pelanggar yang terpantau CCTV saja yang diberi hukuman. Menurutnya, hal ini kurang adil karena pasti ada pelanggar lain tetapi tidak terpantau CCTV.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini