Begini Hari Ibu Diperingati di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap tanggal 22 Desember, Indonesia memperingati Hari Ibu. Namun dasar memperingati Hari Ibu di negara kita amat jauh berbeda dengan negara-negara lain yang sering menyebut hari itu sebagai mother’s day dan pada umumnya diperingati pada bulan mei.

Berikut perbedaan itu;

1. Australia
Hari Ibu di Australia diperingati setiap hari Minggu kedua Mei. Di hari itu semua anak dari yang kecil hingga dewasa akan membuat kartu ucapan spesial dan membelikan bunga untuk ibu mereka.

Selain itu mereka juga memberikan bunga untuk nenek, tante atau perempuan yang pernah menjaga mereka di masa kecil. Selain bunga dan kado, sebagian anak juga mengekspersikan cinta mereka dengan membuat kue dan sarapan pagi untuk ibunya.

2. Kanada
Waktu peringatan Hari Ibu di Kanada, sama dengan Australia. Warga Kanada juga melakukan hal serupa dengan warga Australia pada hari itu. Mereka juga akan menghabiskan banyak waktu dengan ibu dengan makan malam di restoran mewah sebagai tradisi yang terus dilakukan hingga kini.

3. India
Di India tidak ada hari nasional untuk memperingati Hari Ibu, namun masyarakat di India Utara mengikuti tradisi negara barat dengan merayakannya di bulan Mei. Pada hari tersebut para Ibu di India akan dimanjakan oleh anak-anaknya, semua pekerjaan rumah akan diambil alih. Toko-toko juga saling berlomba mengeluarkan diskon untuk perlengkapan perempuan seperti kain sari, perhiasan dan keperluan lainnya agar para pembeli tertarik membelikan ibu mereka.

4. Irlandia
Perayaan Hari Ibu di Irlandia sangat berdekatan dengan perayaan natal, yakni minggu keempat bulan Desember. Sejarah Hari Ibu di Irlandia cukup menyedihkan.

Itu lebih banyak mengisahkan anak-anak miskin yang dipekerjakan sebagai pembantu di rumah orang kaya. Saat Natal tiba mereka akan ramai-ramai pergi ke gereja dan sepulangnya mereka mengunjungi ibu masing-masing dengan membawa bunga yang mereka petik di sepanjang perjalanan pulang.

5. Meksiko
Tepat tanggal 10 Mei, Meksiko akan diperingati sebagai Hari Ibu. Pada hari itu orang-orang akan memakai baju berwarna meriah dan gereja-gereja membuat acara khusus untuk para ibu. Pagi hari, gereja akan memasak makanan tradisional bernama “tamales” dan “atole” untuk diberikan kepada ibu-ibu di sekitar gereja. Beberapa sekolah akan mengadakan acara khusus yaitu anak-anak bernyanyi dan membuat pentas drama.

6. Afrika Selatan
Seperti kebanyakan negara Barat lainnya, Afrika Selatan merayakan hari Ibu pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Hadiah bunga menjadi kado terbanyak yang diberikan kepada ibu, dan pada hari spesial tersebut para anak akan memakai pakaian warna merah atau pink sebagai bentuk tanda cinta untuk ibu.

7. Inggris
Sama seperti India, Inggris pun tidak memiliki tanggal pasti untuk perayaan Hari Ibu. Kebanyakan orang Inggris akan merayakan hari ibu pada tiga minggu sebelum Paskah. Mereka akan pergi ke gereja yang berada di dekat tempat kelahiran ibu mereka. Selain itu pusat perbelanjaan di Inggris juga akan memberikan diskon untuk berbagai perlengkapan Hari Ibu.

8. Amerika Serikat
Sejarah Hari Ibu di Amerika Serikat sebagai bentuk untuk mengenang Anna Jarvis, yang disahkan oleh Presiden Woodrow Wilson dan jatuh pada minggu kedua di bulan Mei. Perayaan Hari Ibu di Amerika dirayakan secara besar-besaran dengan bunga dan kartu ucapan. Restoran juga biasanya akan full booking, beberapa hari menjelang Hari Ibu. Dan para ibu akan diperbolehkan bekerja dan memasak di Hari Ibu.

9. Thailand
Di negara Thailand memperingati Hari Ibu pada setiap 12 Agustus. Tanggal itu dipilih karena merupakan ulang tahun Ratu Sirikit.

Ratu Sirikit adalah ibu negara yang sangat dihormati karena aksi sosialnya. Sama seperti negara-negara lain, warga Thailand juga akan memberi kado dan kartu ucapan kasih sayang yang akan diberikan kepada sang ibu.

10 Indonesia
Di Indonesia, Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Itu untuk memperingati Kongres Wanita pertama di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.(Nita Khairani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini