Begini Efektivitas Vaksin Covid19 di Indonesia Terhadap Tiga Varian Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tiga varian baru Virus SARS-Cov-2 yang berpotensi lebih berbahaya saat ini sudah ditemukan di Indonesia termasuk terdeteksi di Kudus.

Situasi tersebut memunculkan pertanyaan mengenai seberapa efektif vaksin yang saat ini tersedia di Indonesia mampu mencegah tiga varian tersebut.

“Jadi apakah vaksin Covid-19 bisa mencegah varian-varian tersebut?” ujar kandidat PhD. ilmu kedokteran dari Kobe Universitya, dr. Adam Prabata yang pesannya diterima Mata Indonesia News, Rabu 16 Juni 2021.

Varian hasil mutasi atau mutan yang menjadi perhatian dunia dan beredar di Indonesia saat ini tercatat ada tiga yaitu B.1.1.7 dari Inggris yang dikenal dengan Varian Alpha, lalu B.1.351 dari Afrika Selatan yang juga dikenal dengan Varian Beta dan B.1.617.2 yang dikendal dengan Varian Delta.

Menurut catatan WHO varian B.1.1.7 bisa dinetralisir oleh vaksin yang sudah ada di Indonesia yaitu vaksin buatan Sinovac, AstraZeneca dan Sinopharm. Begitu juga dengan varian B.1.315.

Sedangkan, Varian Delta atau B.1.617.2 diketahui baru bisa diatasi AstraZeneca, namun Sinovac dan Sinopharm bukan berarti tidak bisa hanya belum ada data yang diungkap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini