Banjir Bandang Rusak Rumah Warga di Lereng Gunung Raung, 200 KK Diungsikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banjir bandang terjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. 200 kepala keluarga (KK) diungsikan untuk menghindari banjir susulan.

“Warga kami ungsikan ke daerah yang lebih tinggi,” kata Kepala BPBD Bondowoso Kukuh Triatmoko.

Evakuasi warga dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. Sebab, cuaca di sekitar Gunung Raung dan Gunung Suket kurang bersahabat.

Pihaknya sudah menurunkan tim reaksi cepat ke lokasi kejadian. Tim tersebut akan melakukan pendataan dan membantu warga terdampak.

“Kami belum bisa mengetahui seberapa tingkat kerusakan akibat banjir bandang itu. Data sementara, korban jiwa nihil. Hanya material,” katanya.

Banjir air bercampur lumpur itu setinggi kurang lebih 60 cm masuk permukiman warga.

Banjir terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut pihak BPBD, banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah hulu di Lereng Gunung Raung. Akibat banyak lahan gundul setelah kebakaran saat kemarau 2019, akhirnya air tidak tertahan hingga turun ke permukiman bersama lumpur.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah di Jogja masih Didominasi Bahan Organik, DLH Jogja Minta Masyarakat Terapkan Biopori

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketua Tim Penanganan Sampah, DLH Kota Jogja, Mareta Hexa Sevana, menyoroti dominasi sampah organik dalam produksi sampah di wilayahnya yang mencapai lebih dari 50 persen. Mareta menekankan pentingnya perhatian terhadap masalah ini, terutama dari rumah tangga di Kota Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini