Bangga! Sederet Film Indonesia Ini Pernah Tayang di Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPerfilman Indonesia saat ini perlu di acungi jempol. Pasalnya, kini film hasil anak bangsa berkembang dengan pesat bahkan mampu bersaing dengan film-film internasional.

Kualitas dari film Indonesia pun bak naik level. Kerja keras para sineas film Tanah Air tak bisa diremehkan karena bukti prestasinya yang berhasil membawa nama Indonesia sampai ke dunia.

Membanggakan banget kan? Simak yuk sederet film asal Indonesia yang berhasil sukses diluar negeri.

  1. Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Perdana tayang pada tahun 2009, Laskar Pelangi menjadi salah satu film paling disukai sepanjang masa. Tak hanya jalan ceritanya, tapi juga akting para pemain dan pemandangan khas kota Bangka, Belitung yang juga jadi sororan dunia.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul serupa karya Andrea Hirata dan sukses disutradarai oleh Riri Riza ini berkisah tentang kehidupan 10 anak di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

Gak cuma sukses di Indonesia, Laskar Pelangi juga berhasil mendapat penghargaan dari festival internasional salah satunya, International Festival of Film for Children and Young Adults di Hamedan, Iran sebagai The Golden International Film.

2. Gundala

Gundala

Buat kamu pecinta superhero, kamu wajib nonton pahlawan super asal Indonesia, Gundala. Gundala merupakan film yang diangkat dari komik buatan Harya Suraminata.

Kemudian, ditangan sutradara Joko Anwar, Gundala berhasil berkancah di perfilman internasional lewat penayangannya di Toronto International Film Festival 2019.

Film yang dimainkan oleh aktor Abimana ini juga berhasil bersaing dengan film Hollywood seperti Knives Out, Radioactive dan Joker dalam People’s Choice Award.

3. Marlina si Pembunuh Empat Babak

Marlina si Pembunuh Empat Babak

Film yang diperankan oleh Marsha Timothy ini nyatanya menjadi salah satu film Indonesia yang sukses dan berhasil memboyong sepulun penghargaan dari 15 nominasi di Festival Film Indonesia 2018.

Gak berhenti sampai disitu, film Marlina juga masuk dalam penghargaan internasional FIFFS Maroko edisi ke-11, Catalonian International Film Festival 2017, dan film terbaik dalam Asian Next West Wave the Qcinema Film Festival Fillipina.

4. Rumah Dara

Rumah Dara

Film bergenre thriller ini juga patut diacungi jempol. Sebab, tak cuma bikin deg-degan warga Indonesia, tapi juga penonton luar negeri.

Rumah Dara disutradarai oleh Mo Brothers dan dirilis pada 2009. Film yang memiliki judul internasional, ‘Macabre’ menceritakan sekelompok muda mudi yang terjebak disebuah rumah pembunuh sadis dan bermulut manis.

Rumah Dara dibintangi aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Julie Estelle, Shareefa Danis, Arifin Putra, Aming, Daniel Mananta dan masih banyak lagi. Film ini berhasil meraih penghargaan di Puchon International Fantastic Film Festival 2009 di Korea Selatan.

5. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Terakhir, film yang sukses go internasional ialah Pengabdi Setan. Film horor Indonesia ini pertama kali tayang pada 1980. Kemudian digarap ulang oleh Joko Anwar dan tayang pada 2017.

Film yang dibintangi Tara Basro ini mendapat pencapaian yang luar biasa. Pengabdi Setan sukses meraih penghargaan Film Terbaik di ajanh Overlook Film Festival 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini