Bahas Endemi jika Usai Lebaran Tak Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pembahasan kemungkinan peralihan dari pandemi ke endemi dilakukan jika tidak ada lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Idul Fitri/Lebaran 2022.

Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan pihaknya harus berhati-hati dan waspada. Lantaran banyak faktor untuk memutuskan hal tersebut. Meski sudah banyak kalangan yang membicarakannya.

“Kita harus tetap hati-hati dan waspada. Banyak faktor tentu saja juga tidak bisa diputuskan oleh Satgas, nanti sambil berjalan melihat bagaimana perkembangan ke depan,” kata Suharyanto, Kamis malam 31 Maret 2022.

Suharyanto berharap setelah Lebaran 2022 kondisi kasus Covid-19 tidak seperti setelah liburan panjang sebelumnya. Di mana terjadi peningkatan kasus secara signifikan. Apalagi muncul varian baru.

”Apabila tetap landai, tidak terjadi peningkatan kasus yang signifikan, mungkin akan berpikir untuk beralih status pandemi menjadi endemi,” kata dia.
Ia mengatakan pada mudik Lebaran 2022 memang tidak ada penyekatan penyekatan oleh unsur keamanan, tetapi akan ada random sampling, dan pos pelayanan untuk mengecek status PeduliLindungi.
Satgas mengharapkan masyarakat Indonesia dapat mudik dengan aman dan menjalani ibadah bulan Ramadan dengan tenang. Dengan tetap proteksi maksimal dan berlapis terhadap diri sendiri dan keluarga dengan vaksinasi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini