Ayo Cegah! Ternyata 90 Persen Penularan Virus Corona Lewat Cara Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penularan virus corona diketahui paling banyak menyebar melalui droplet atau tetesan yang masuk ke mata, hidung dan mulut yang dibawa oleh jari.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa kurang lebih 90 persen penularan kasus virus corona penyebarannya melalui cara tersebut. Maka dari itu, penggunaan masker kain tiga lapis serta cuci tangan sangat pentinglah.

“First line defense atau pertahanan paling depan adalah menggunakan masker dan cuci tangan,” ujar Wiku.

Ia menambahkan bahwa second line defense atau pertahanan berikutnya adalah perilaku menjaga kebersihan dengan mandi setelah bepergian mencuci baju membersihkan permukaan barang dengan disinfektan.

Wiku mengimbau bahwa penyemprotan disinfektan hanya boleh digunakan untuk benda atau barang sehingga tidak disarankan untuk disemprotkan ke tubuh manusia.

“Kami juga sampaikan tentang batasan penggunaan desinfektan sesuai dengan edaran Kementerian Kesehatan tidak menganjurkan pemakaian bilik disinfektan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku juga menjelaskan kalau pentingnya penggunaan masker kain tiga lapis dapat menangkal virus masuk mencapai 70 persen.

“Dengan demikian masyarakat diharapkan untuk tetap jaga jarak saat berada di keramaian minimal 1 sampai 2 meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini