Atasi Sampah Citarum, Bank Dunia Kucurkan Dana Rp 1,4 Triliun ke Pemprov Jabar

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bank Dunia mengucurkan dana Rp 1,4 triliun untuk membantu Pemprov Jabar mengatasi persoalan sampah sungai Citarum yang belakangan jadi sorotan internasional.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dalam waktu dekat akan persentasi ke pemerintah pusat dan bank dunia mengenai pemanfaatan dana bantuan tersebut.

“Kita dapat dana dari bank dunia Rp 1,4 triliun. Dalam waktu satu minggu ini, kita harus presentasi ke pemerintah pusat dan bank dunia, uang tersebut buat apa saja,” kata Ridwan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 11 Juni 2019.

Emil mengatakan dana bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk edukasi, infrastruktur wilayah, lokasi pemilihan sampah. Termasuk pengadaan teknologi sampah, dan fasilitas daur ulang menjadi bahan bakar.

Dia menjelaskan akan berkoordinasi dengan pemerintah kota dan kabupaten yang dilewati sungai Citarum untuk agar dana bantuan tersebut efisien. “Nantinya baik untuk menambahi truk sampah, membenahi manajemen sampah, mengatur zona-zona daur ulang sampah dan lain-lain,” katanya.

Pihaknya akan segera mencari lokasi strategis untuk memfasilitasi daur ulang sampah menjadi bahan bakar. Termasuk membahas pemilihan teknologi yang akan digunakan nantinya. “Teknologi apa pun bisa dipakai, yang penting bisa menuntaskan masalah sampah (Citarum),” kata Emil.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini