ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka

Baca Juga

MATA INDONESIA, SOLO – ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 30 Juli 2022 malam. Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi yang membuka acara ini mengucapkan pidato pembukaan APG yang berisi pesan persatuan bagi negara-negara Asia Tenggara.

”Kepada seluruh atlet. Selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif. Saya berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN. Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Sesudah selesai mengucapkan pidato pembukaan, Wapres Ma’ruf lalu membuka keris dan mengacungkan keris ke atas kepala untuk menandakan pembukaan ajang olahraga multievent tersebut.

Setelah selesai mengucapkan pidato pembukaan, maskot kegiatan ini Rajamala, keluar dari teratai putih. Penonton menyambutnya dengan  tepuk tangan meriah.

”Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan. Para games merupakan sesuatu yang istimewa karena atlet para games adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya,” ujar Wapres.

Menurut Wapres Ma’ruf, ajang APG 2022 juga jadi momen istimewa karena atlet-atlet para games. ”Saya ucapkan selamat datang di Indonesia. Khususnya di Kota Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas negara dari kawasan Asia Tenggara,” kata Wapres.

Selain Wapres hadir pada upacara pembukaan APG 2022 Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Atlet yang hadir di ASEAN Para Games 2022 dari 11 negara di Asia Tenggara. Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 323 atlet. Kemudian Thailand mengirim 303 wakil. Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga. Yakni, blind judo, para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis. Para-catur, bola voli duduk, CP Football, para-angkat berat. Para-panahan, boccia, goalball, bola basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini