AS Masukkan Bos Kejahatan Cina dan Dua Warga Lain ke Dalam Daftar Hitam

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada pemimpin kelompok kejahatan terorganisir 14K Triad Cina dan anggota Konferensi  Konsultatif Politik Rakyat Cina Partai Komunis, Wan Kuok Koi. Hal ini diungkapkan Departemen Keuangan AS.

Sanksi juga akan berlaku untuk tiga entitas yang dipimpin oleh Wan Kuok Koi, yang juga dikenal sebagai “Gigi Patah”, ungkap agensi tersebut dalam sebuah pernyataan. Di antara entitas tersebut yakni: Asosiasi Sejarah dan Budaya Hongmen Dunia yang berbasis di Kamboja; Grup Dongmei yang berbasis di Hong Kong; dan Asosiasi Kebudayaan Palau China Hung-Mun, yang berbasis di Palau.

Departemen Keuangan mengatakan mereka menargetkan Wan atas keterlibatan 14K Triad dalam perdagangan narkoba, perjudian ilegal, pemerasan, perdagangan manusia, dan kegiatan kriminal lainnya.

Selain Wan Kuok Koi, AS juga memasukkan satu orang Liberia dan satu orang Kirgistan ke daftar hitam di bawah Perintah Eksekutif 13818, yang menargetkan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia yang serius.

Dengan dijatuhkannya sanksi, maka semua properti dari tiga individu tersebut dan perusahaan yang berada di bawah yurisdiksi AS akan dibekukan. Seorang pejabat AS mengatakan tindakan ini sebagai upaya dari gerakan anti-korupsi AS yang lebih luas yang mengakitbatkan sanksi dijatuhkan pada lebih dari 200 orang antara tahun 2017 – 2020.

“Korupsi tidak mengenal batas,” kata seorang pejabat senior AS, melansir Reuters, Kamis, 10 Desember 2020.

Pejabat tersebut mengatakan tindakan terbaru harus mengekang aktivitas korupsi karena ketiga individu tersebut memiliki koneksi yang cukup dengan AS atau sistem keuangan lainnya.

Peraturan OFAC umumnya melarang warga AS berurusan dengan individu yang ditunjuk. Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada wartawan aktor non-AS yang berurusan dengan mereka juga berisiko masuk daftar hitam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini