Armenia – Azerbaijan Bertukar Sandera

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Armenia dan Azerbaijan mulai bertukar sandera atau tawanan perang. Ini menjadi bagian dari kesepakatan “semua untuk semua” yang dimediasi oleh Rusia.

Sebagaimana diketahui, kedua negara terlibat konflik panjang dalam memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh. Secara internasional, dunia mengakui wilayah Nagorno-Karabakh sebagai bagian dari kedaulatan Azerbaijan.

Akan tetapi, mayoritas penduduk yang mendiami wilayah tersebut merupakan etnis Armenia. Konflik pun tak dapat dihindari, ribuan korban berjatuhan, baik dari pihak Armenia maupun Azerbaian.

Beruntung, konflik yang telah berlangsung selama enam pekan di wilayah tersebut dan daerah sekitarnya dihentikan oleh kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi Rusia bulan lalu.

Mengutip Reuters, Selasa, 15 Desember 2020, Wakil Perdana Menteri Armenia, Tigran Avinyan mengatakan, 44 sandera Armenia telah dipulangkan usai mediasi yang dilakukan Rusia, kantor berita Interfax melaporkan.

Sementara itu, sebuah pesawat militer Moskow menerbangkan 12 sandera Azerbaijan ke Baku sebagai bagian dari pertukaran. Hal ini diungkapkan oleh Komandan pasukan penjaga perdamaian Rusia, Rustam Muradov dalam video Kementerian Pertahanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini