Arab Saudi : Idul Adha Pada Selasa 20 Juli 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEDDAH – Kepastian Hari Raya Idul Adha di Arab Saudi akan jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Hal ini setelah pemerintah Arab Saudi menetapkan awal bulan Zulhijah 1442 jatuh pada Minggu, 11 Juli 2021.

Keputusan ini diumumkan Mahkamah Agung setempat setelah pada hari Jumat 9 Juli 2021 tidak terlihat adanya bulan sabit baru (hilal) setelah melakukan pengamatan di sejumlah titik di negara tersebut.

Bulan Zulhijah yang merupakan bulan terakhir dalam kalender Islam, Hijriah, juga disebut sebagai bulan haji. Pada bulan inilah umat Islam yang mampu menuaikan ibadah haji di Mekah dan pada bulan ini juga disyariatkan menyembelih hewan kurban.

Mengutip Arabnews, Sabtu 10 Juli 2021 dengan adanya ketetapan ini maka ibadah haji yang dimulai pada 8 Zulhijah akan jatuh pada 18 Juli dan berakhir pada 22 Juli (12 Zulhijah). Artinya  ibadah puncak utama yaitu Wukuf di Arafah akan jatuh pada 9 Zulhijah yaitu Senin 19 Juli 2021. Jika tidak mengerjakan wukuf di Arafah, artinya tidak mengerjakan haji.

Di Indonesia, Pimpinan Muhammadiyah telah memutuskan Hari Raya Idul Adha 2021 akan jatuh pada 20 Juli 2021. Muhammadiyah telah memutuskan Hari Raya Idul Adha sejak 13 Mei 2021 saat menentukan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut kalender, Idul Adha di Indonesia juga jatuh pada 20 Juli. Namun, untuk keputusan resminya, Kemenag akan mengadakan sidang isbat, Sabtu sore ini 10 Juli 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini