Amerika Serikat Kirim Roket Lebih Canggih ke Ukraina

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Presiden Joe Biden mengatakan, Amerika Serikat akan mengirimkan roket yang lebih canggih ke Ukraina untuk membantu mempertahankan diri dari serangan Rusia.

Roket yang sudah lama diminta Ukraina itu untuk membantu menyerang pasukan musuh dengan lebih tepat dari jarak yang lebih jauh. Sebelumnya, AS menolak permintaan itu karena khawatir senjata tersebut dapat digunakan untuk menyerang sasaran di Rusia.

Tapi, pada Rabu 1 Juni 2022, Biden mengatakan bantuan itu akan memperkuat posisi negosiasi Kiev melawan Rusia dan membuat solusi diplomatik lebih mungkin.

“Itulah sebabnya saya memutuskan bahwa kami akan memberi Ukraina sistem roket dan amunisi yang lebih canggih yang akan memungkinkan mereka untuk lebih tepat menyerang sasaran utama di medan perang di Ukraina,” ujar Biden, dalam tulisannya di New York Times.

Persenjataan baru akan mencakup Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS). Tapi, dia dirinci berapa banyak senjata canggih itu dipasok ke Ukraina.

Sistem tersebut itu dapat meluncurkan beberapa rudal berpemandu presisi pada target sejauh 70km (45 mil), atau lebih jauh dari artileri yang dimiliki Ukraina saat ini. Senjata itu juga diyakini lebih akurat daripada milik Rusia.

AS mengharapkan Ukraina untuk menyebarkan senjata di wilayah Donbas timur, di mana pertempuran paling intens, dan di mana mereka dapat digunakan untuk menyerang unit artileri Rusia dan pasukan yang menargetkan kota-kota Ukraina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini