Allianz Arena, Stadion Futuristik Milik Bayern Munchen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bayern Munchen memiliki stadion megan nan futuristik. Seperti apa kemegahan Stadion Allianz Arena, markas Die Roten?

Allianz Arena merupakan stadion sepak bola yang berlokasi di Munchen, Jerman, dengan kapasitas 75.000 tempat duduk. Setelah selesai dibangun pada 2005, stadion ini menggantikan Stadion Olimpiade Munchen sebagai stadion kandang bagi Bayern München dan TSV 1860 Munchen.

Dirancang oleh firma arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron, stadion ini memiliki eksterior yang dilapisi dengan panel plastik ETFE yang bisa mengembang dan menjadi stadion pertama di dunia dengan warna eksterior yang bisa berubah.

Allianz Arena dianggap sebagai salah satu stadion paling inovatif di dunia dan banyak kritikus menilainya sebagai bangunan dengan tampilan masa depan atau futuristik. Dari jauh, panel yang melekat pada stadion tampak berwarna putih tetapi saat dilihat dari dekat, panel sebenarnya tembus pandang dengan ketebalan 0,2 mm.

Setiap panel dapat menyala dengan cahaya putih, merah, atau biru dan terlihat seperti suatu pola yang bergerak. Stadion serba modern ini menelan biaya pembangunan yang fantastis mencapai 5,8 triliun Rupiah. Butuh sekitar tiga tahun untuk menyelesaikan pembangunan stadion.

Pada awalnya, Allianz Arena merupakan hasil komisi gabungan dari Bayern Munchen dan TSV 1860 Munchen. Namun, pada tahun 2010, Bayern membeli penuh hak atas Allianz Arena setelah TSV 1860 Munchen mengalami masalah keuangan dan tidak lagi sanggup untuk menutup utang pembangunan. Kendati sudah sepenuhnya dimiliki Bayern, TSV 1860 Munchen tetap diperbolehkan untuk bermain di stadion.

Nama Allianz berasal dari perusahaan jasa keuangan asal Jerman, Allianz, setelah mereka membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun. Namun, karena penamaan stadion dengan merek tertentu dilarang untuk turnamen FIFA dan UEFA, maka pada Piala Dunia 2006, Allianz Arena diubah namanya menjadi FIFA World Cup Stadium Munich. Sementara untuk skala pertandingan Piala Eropa, Allianz Arena diubah menjadi Futball Arena Munich.

Allianz Arena merupakan stadion terbesar ketiga di Jerman setelah Signal Iduna Park di Dortmund dan Stadion Olimpiade di Berlin. Meskipun berada di urutan ketiga, stadion ini memiliki lahan parkir terbesar di Eropa dengan kapasitas 9.800 tempat parkir. Selain itu, disediakan tempat parkir khusus untuk bus dan penyandang disabilitas.

Reporter: Safira Ginanisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini