Alhamdulillah, 140 WNI di Kazakhstan dalam Kondisi Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, ALMATY – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nur-Sultan, Kazakhstan menyatakan bahwa 140 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara pecahan Uni Soviet itu dalam kondisi aman.

Kabar ini disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Kazakhstan merangkap Tajikistan, Fadjroel Rachman, Jumat (7/1).

“Bahwa 140 orang warga negara Indonesia yang ada di Republik Kazakhstan dan tiga orang warga negara Indonesia di Republik Tajikistan dalam keadaan aman,” demikian disampaikan oleh Dubes Fajroel Rachman, Jumat, 7 Januari 2022.

Selain itu, Dubes Fajroel juga membenarkan bahwa Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev menetapkan dekrit presiden pada 4 Januari 2022 yang menyatakan bahwa negara Kazakhstan dalam keadaan darurat atau emergency state hingga dua pekan ke depan.

Sebagai informasi, demonstrasi di negara yang terletak di wilayah Asia Tengah itu awalnya dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar yang melonjak drastis. Namun, demonstrasi meluas dan menjadi kian mengerikan.

Polisi Kazakhstan dilaporkan telah membunuh puluhan pengunjuk rasa yang mencoba menyerbu gedung-gedung pemerintah. Presiden Tokayev bahkan meminta bantuan aliansi militer pimpinan Rusia untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Kazakhstan guna meredam aksi demonstrasi.

Sementara itu, KBRI Nur-Sultan telah mengeluarkan tujuh imbauan untuk WNI yang tinggal di Kazakhstan. Rinciannya antara lain:

1. Untuk selalu waspada dan berhati-hati

2. Menjauhi kerumunan

3. Tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal penting

4. Mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat

5. Tidak memberikan komentar yang bersifat publik terhadap pekembangan situasi dalam negeri Kazakhstan

6. Saling berkomunikasi dengan sesama WNI yang berada di kota/wilayah masing-masing

7. Berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI maupun di jalur-jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberi update kondisi masing-masing dan melaporkan hal-hal yang penting untuk diketahui bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini