Alami Kecelakaan Kerja, Buruh di Karawang Malah Kena PHK

Baca Juga

MATA INDONESIA, KARAWANG-Malang benar nasib, Giri Pamungkas (27) buruh Karawang yang harus rela di PHK oleh perusahaan tempat kerjanya. Dirinya diputus kerja karena mengalami kecelakaan kerja.

“Saya alami kecelakaan kerja, pada 18 Agustus 2020, sampai hilang empat jari tangan kanan saya, lalu diputus kerja secara dipaksa, dan diiming-imingi mau dipekerjakan kembali,” kata Giri saat ditemui di rumahnya, Minggu 13 Februari 2022.

Dua tahun berlalu sejak kejadian, Giri mengakui belum mendapatkan kejelasan dari perusahaan tentang nasibnya. “Saya menunggu lama dan tidak ada kabar dari perusahaan seperti apa tindaklanjutnya,” katanya.

Dari kejadian itu pula, Giri mengalami cacat permanen dan tidak bisa bekerja. Sementara ia tulang punggung bagi keluarganya.

Sebelumnya ia juga telah mengupayakan dengan pihak serikat yang membantunya, namun belum mendapatkan tanggapan dari perusahaan.

“Saya juga dibantu oleh serikat dan dinas terkait sempat merespon tapi tidaklanjutnya sampai sekarang,” katanya.

Ia berharap pihak perusahaan bisa memiliki rasa kemanusiaan terhadap apa yang terjadi. “Saya berharap PT HRI punya rasa kemanusiaan dan memberikan jaminan untuk kejelasan masa depan saya,” katanya.

Dikonfirmasi di tempat berbeda, Ketua Serikat Pekerja HRI Ahmad Sarip Ihsan mengatakan pihaknya sebelumnya sudah berupaya komunikasi dengan dinas namun hingga saat ini tidak ada kabar tindaklanjutnya.

“Kami dari pihak serikat sudah melaporkannya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) tapi tindaklanjutnya seperti apa kami belum mendapatkan kabar,” kata Sarip saat dihubungi melalui telepon selular.

Sementara itu, hingga berita ditulis CEO PT HRI Sugih Sutanto belum menanggapi pertanyaan yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp.

Reporter:Muhammad Rizky Aulia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini