Alami 252 Kali Gempa, Siap-siap Gunung Lemongan Mau Meletus?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-252 kali, Gunung Lemongan di Lumajang mengalami gempa. Akibatnya, 11 rumah warga mengalami retak-retak.

Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lemongan periode 13 November 2019 pukul 00.00-24.00 WIB, secara visual gunung setinggi 1.651 mdpl itu teramati dengan jelas. Namun asap kawah tidak teramati.

Dalam periode tersebut juga terjadi 252 kali kegempaan tektonik lokal dan empat kali gempa tektonik jauh. Meski demikian, status Gunung Lemongan masih berada di level 1 atau normal.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, mengatakan akibat aktivitas vulkanik gunung tersebut, sebanyak 11 rumah warga di Desa Sumber Petung, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang mengalami keretakan.

“Tembok rumah warga mengalami retak sepanjang 50 hingga 400 cm,” katanya.

Warga Sumber Petung, Suyanto (49) mengaku beberapa kali merasakan gempa. Ia berhenti bekerja dan melihat tembok rumahnya mengalami keretakan hingga kurang lebih 400 cm.

Petugas mengimbau masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Gunung Lemongan dan para pendaki tetap memperhatikan perkembangan aktivitas gunung tersebut. Caranya dengan menyimak informasi-informasi yang disampaikan pihak PVMBG dan BPBD setempat.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini