Akhir Tahun Ini, 6 Ruas Tol Termasuk Jagorawi Bakal Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sistem transaksi nirsentuh atau bayar tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal mulai dilaksanakan akhir 2022. Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit

Timeline itu masih sesuai jadwal awal, di mana uji coba transaksi non-tunai tanpa berhenti itu bakal dilaksanakan untuk 6 ruas tol di penghujung tahun ini.

“Ada Tol Jagorawi, Tol Dalam Kota, Tol Bali Mandara, totalnya ada enam ruas tol,” ujar Danang di Kantor Bina Marga Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Menurut dia, hingga saat ini jadwal uji coba MLFF masih sesuai perjanjian awal, yakni pada Desember 2022. Badan usaha pengelola juga sudah bisa mengklaim biaya jasa kepada para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Itu akan dimulai atau tidak sangat tergantung pada uji coba dan kesiapan mereka. Enam ruas ini akan jadi pertama untuk kita laksanakan secara komersial,” kata Danang.

Danang menuturkan, implementasi MLFF bakal dilakukan secara bertahap. Secara kajian ini memang sudah direncanakan sejak 2017, yang awalnya mengubah sistem pembayaran tunai jadi non-tunai (cashless).

“Nanti ke depannya tanpa gerbang, komplikasinya meningkat cukup tinggi. Sehingga kita mau memastikan proses piloting 6 ruas tol pas uji coba bisa kita laksanakan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini