79 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Lebaran Tahun Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jumlah pemudik akan meningkat usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) membolehkan kegiatan mudik tahun ini. Berdasarkan survei online Litbang Kemenhub, sebanyak 20 persen atau 55 juta orang akan mudik.

Bahkan, hasil penelitian selanjutnya mencatat jumlah pemudik bisa bertambah setelah pemerintah menghapus kebijakan syarat antigen dan PCR untuk perjalanan jarak jauh.

“Jumlah mudik bergerak naik jadi 29 persen, atau 79 juta. Ini suatu jumlah besar, harus kita sikapi dengan baik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 Budi dalam focus group discussion transportasi angkutan lebaran, Kamis (31/3).

Dia menekankan, penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini harus mendapat perhatian serius, dengan mempertimbangkan seluruh aspek secara holistik. Juga kolaborasi antar instansi wajib dipermuat, baik pemerintah maupun stakeholder terkait.

“Oleh karena itu, harus bisa menciptakan transportasi yang aman, tertib, lancar, dan tak lupa menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Pemerintah pun harus mengkomunikasikan kebijakan transportasi selama musim lebaran secara bijaksana dan logis. Sehingga kegiatan mudik bisa berjalan dengan lancar.

“Tentu apa yang akan kita lakukan bisa ditinjau dari berbagai sudut. Kita akan susun konsep baik dalam penyelenggaraan mudik. Kita ingin mensinergikan pendapat antar sektoral, tak hanya Kemenhub. Kita memiliki misi, atau perintah pak Presiden kita harus layani masyarakat untuk jalani mudik,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini