5 Pertandingan Derby Terpanas di Dunia Sepak Bola

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Persaiangan merupakan bumbu utama yang seakan tak bisa lepas dari pertandingan sepak bola profesional. Gelar bergengsi selalu diraih melalui pertarungan sengit antar tim-tim yang bertanding.

Dalam beberapa kasus, klub-klub tertentu membawa rivalitas yang mereka miliki ke level yang lebih serius dalam pertandingan derby.

Pertandingan derby dalam liga-liga sepak bola di seluruh dunia merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi para pecinta bola. Demi meraih kemenangan, kedua klub akan habis-habisan untuk memenangkan pertandingan derby yang bergengsi.

Berikut 5 pertandingan derby paling panas di dunia sepak bola:

Derby Della Madonnina (AC Milan dan Inter Milan)
Pertandingan ini terjadi di Seria A Italia, yang melibatkan dua klub asal Milan, AC Milan dan Inter Milan. Rivalitas keduanya sudah dimulai sejak 1908. Adapun sebutan Derby Della Madonnina berasal dari sebuah penghormatan terhadap salah satu obyek wisata di Milan, yaitu patung Perawan Maria yang terletak di puncak Duomo. Patung itu disebut sebagai Madonnina.

North West Derby (Liverpool dan Manchester United)
Pertandingan ini muncul karena kedua klub yang berlaga di Inggris sama-sama berada di daerah North West atau barat laut dan hanya berjarak 56 kilometer. Pertandingan derby ini merupakan salah satu rivalitas palng bergengsi di Liga Inggris, meskipun keduanya memiliki rival sekota dengan Everton (Liverpool) dan Manchester City (Manchester United). Fans kedua klub masih menganggap memenangkan pertandingan derby ini adalah harga mati, fakta tersebut muncul karena keduanya merupakan klub tersukses di Inggris dengan raihan trofi terbanyak.

Superclasico (Boca Juniors dan River Plate)
Pertandingan derby ini terjadi sebagai gambaran pertarungan kaum bawah dan atas. Boca Juniors dikenal dengan fanbase yang merupakan para imigran, sementara River Plate memiliki basis pendukung masyarakat ekonomi menengah ke atas. Disebut superclasico karena keduanya merupakan klub tersukses di Argentina . Jika dijumlahkan, para suporter kedua klub tersebut terdiri dari lebih 70 persen suporter sepak bola di Argentina.

El Clasico (Barcelona dan Real Madrid)
Inilah pertandingan derby yang paling menyedot perhatian seluruh penggemar sepak bola di dunia, El Clasico. Derby ini dikenal karena menyuguhkan pertandingan saling menyerang dengan tensi tinggi antara Barcelona dan Real Madrid. Pertandingan ini juga dikenal sebagai persaingan politik antara masyarakat Spanyol di kubu Real Madrid, dan warga Catalonia dari sisi Barcelona. Setiap pertandingannya selalu menghadirkan drama-drama menegangkan dan panas bagi kedua tim

Old Firm Derby (Celtic dan Rangers)
Derby ini dipertandingkan antara dua klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Skotlandia, Rangers dan Celtic. Pertandingan ini juga merupakan salah satu rivalitas yang melebar hingga ke luar lapangan. Persaingan antara dua klub ini merupakan sebuah manifestasi dari perbedaan pandangan politik dan agama antara dua kubu masyarakat di Glasgow. Hal tersebut membuat kebencian antara keduanya sudah mendarah daging sejak kedua klub bertemu pertama kali pada Mei 1888.

Reporter: Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini